Indonesiaan Marketing Festival 2023 Semarang, Ganjar Terima Penghargaan Gubernur Punakawan

Indonesiaan Marketing Festival 2023 Semarang, Ganjar Terima Penghargaan Gubernur Punakawan

Indonesiaan Marketing Festival 2023 Semarang, Ganjar Terima Penghargaan Gubernur Punakawan.--

RADAR TEGAL - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan sebagai Gubernur Punakawan atas kreativitas, serta inovasinya dalam bidang pemasaran dan entrepreneurship. 

Penghargaan tersebut diberikan MarkPlus Institute bersama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dalam pembukaan Indonesian Marketing Festival (IMF) 2023 di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis 3 Agustus 2023.

Founder and Chairman MarkPlus Institute, Hermawan Kartajaya mengatakan penghargaan Gubernur Punakawan tersebut diberikan setelah melakukan pengamatan dan penilaian selama lebih kurang sepuluh tahun. 

Selama dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai memiliki sifat atau karakter layaknya Punakawan.

"Pak Gubernur ini saya amati memang selama sepuluh tahun. Beliau suka bilang, 'saya ini Gubernur memang, tapi saya pelayan (masyarakat)'. Punakawan itu kalau di cerita Jawa, Mahabarata Jawa, ini memang datang seolah-olah jadi pelayan padahal penasihat. Itu kan dikirim oleh dewa untuk membantu Pandawa. Itu (alasan) pertama," kata Hermawan saat ditemui usai menyerahkan penghargaan kepada Ganjar Pranowo.

BACA JUGA:Meriahnya Festival Tungguk Tembakau di Kaki Gunung Merbabu, Ganjar: Ini Bisa jadi Event Wisata Menarik

Hermawan menjelaskan, dalam bukunya yang berjudul Entrepreneurial Marketing, Punakawan memiliki filosofi yang menjadi model dan inspirasi kinerja pelaku bisnis atau entrepreneur. 

Model yang terinspirasi dari filosofi tokoh asli Indonesia itu antara lain tentang konsep Creativity–Innovation–Entrepreneurial–Leadership (CI-EL) dan Productivity–Improvement–Professionalism–Management (PI-PM) sebagai pisau analisis dan pengembangan strategi di era Post Normal. 

Ganjar Pranowo dinilai memiliki kreativitas, inovasi, dan kepemimpinan seperti dalam konsep tersebut.

"Beliau memang kreatif bukan cuma produktif. Idenya ada saja, macam-macam. Kayak tadi, hari ini, bisa menyempatkan datang walaupun 15 menit. Itu kan harus kreatif bukan prosedural harus produktif. Jadi produktivitasnya justru naik, satu hari bisa ke mana-mana. Kalau itu tidak kreatif ya tidak bisa," jelasnya.

Dalam hal inovasi, lanjut Hermawan, Ganjar juga memiliki hal itu. Ia melihat selama dua periode memimpin Jawa Tengah, Ganjar sangat inovatif dalam banyak hal. Ganjar tidak hanya melakukan improvement atau penyempurnaan tetapi melakukan banyak lompatan. 

BACA JUGA:Warga Boyolali Mendadak Cegat Mobil Dinas Ganjar dan Masukan Sayuran Hingga Penuh

Kepimpinan Ganjar juga menjadi  faktor bagaimana kreativitas dan inovasi itu dapat berjalan dengan baik di Jawa Tengah.

"Entrepreneur itu harus berani mengambil risiko, melihat kesempatan, dan memang bisa bekerja sama dengan orang lain. Itu kan sifatnya Pak Ganjar. Kalau profesional itu disiplin dan lainnya. Beliau juga leader bukan cuma manajer. Gubernur ya pasti manajer tertinggi, CEO Jawa Tengah," katanya.

Sumber: