5 Penemuan Sejak Peradaban Mesir Kuno yang Masih Bermanfaat hingga Sekarang, Apa Saja?

5 Penemuan Sejak Peradaban Mesir Kuno yang Masih Bermanfaat hingga Sekarang, Apa Saja?

Ilustrasi. 5 hal atau penemuan yang sudah ada sejak peradaban zaman Mesir Kuno-freepik-

RADAR TEGAL – Ada 5 hal penemuan yang sudah ada sejak peradaban Mesir Kuno yang kini sangat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang di zaman ini telah menemukan hal-hal ini bahkan bisa dikatakan sudah sangat maju karena memiliki pemikiran yang kreatif.

Jika bukan karena penemuan orang-orang di zaman Mesir Kuno ini, mungkin di kehidupan saat ini kita belum mengenal 5 hal berikut yang akan radartegal.disway.id bahas kali ini. Meski sudah berjalan ratusan hingga ribuan tahun, hal-hal tersebut masih tetap berlanjut.

Melansir dari kanal YouTube Red White Channel pada Kamis, 3 Agustus 2023, berikut 5 hal atau penemuan yang sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Semuanya masih bermanfaat dan penting di kehidupan sekarang.

5 penemuan yang sudah ada sejak zaman Mesir Kuno

1) Sistem kalender

Sistem kalender merupakan salah satu penemuan sejak zaman Mesir Kuno yang masih bermanfaat di kehidupan sekarang dan sangat penting.

Orang zaman Mesir Kuno dulu menggunakannya untuk kebutuhan mereka dalam bertani. Lebih tepatnya, sistem kalender ini pada zaman dulu digunakan untuk memprediksi kapan Sungai Nil akan meluap. 

Sebab, kehidupan mereka kala itu sangat bergantung pada sungai terpanjang di dunia ini. Melalui sistem kalender yang mereka buat, mereka tidak akan kelaparan ataupun kehilangan harta benda jika banjir terjadi.

Kalender ini mirip kalender modern saat ini, yaitu terdiri dari 365 hari dan dibagi 12 bulan. Namun, setiap bulan pada saat itu terdiri dari 30 hari.

BACA JUGA : Fakta Menarik dan Sejarah Penemuan Kertas, Berperan Penting dalam Peradaban Manusia

2). Tinta dan kertas

Penemuan sejak zaman Mesir Kuno berikutnya adalah tinta dan kertas. Tentu saja kedua benda ini masih bermanfaat hingga sekarang, walaupun sudah memasuki era digital.

Bisa disebut bahwa orang Mesir Kuno merupakan yang pertama dalam membuat tinta. Mereka menggunakan campuran karet, jelaga, dan lilin lebah untuk membuat tinta. 

Orang-orang Mesir Kuno juga yang pertama membuat kertas dari lembaran papirus, meskipun masih sederhana dan lebih tebal dari kertas modern. Bahkan, untuk catatan kertas dan tinta pada zaman ini masih ada hingga sekarang.

Sumber: