5 Fakta Menarik Hewan Quokka, Mamalia Endemik Australia yang Murah Senyum!

5 Fakta Menarik Hewan Quokka, Mamalia Endemik Australia yang Murah Senyum!

Fakta menarik Quokka-Pixabay-

RADAR TEGAL – Quokka merupakan salah satu hewan endemik Australia yang memiliki sejumlah fakta menarik dan unik. Hewan mamalia satu ini juga terkenal dengan sifatnya yang murah senyum, khususnya kepada siapapun yang melihatnya.

Quokka tidak hanya menyimpan fakta menarik dan unik, namun juga memiliki wajah khas yang menggemaskan. Sebagian besar populasi hewan murah senyum ini berada di Pulau Rottnest dan Pulau Bald di Australia Barat. Ada juga beberapa di Kota Perth.

Memiliki wajah yang menggemaskan, simak berikut ini 5 fakta menarik dan unik hewan Quokka satu ini. Pembahasan berikut melansir dari kanal YouTube GridKids pada Senin, 31 Juli 2023.

5 fakta menarik Quokka

1) Punya wajah yang murah senyum

Quokka memiliki bentuk wajah yang terbilang unik, sehingga mirip seperti sedang tersenyum. 

Hewan mamalia ini memiliki bentuk mulut yang menghadap ke atas dan pipi yang menonjol. Maka dari itu, hewan ini terlihat seperti sedang tersenyum karena bentuk tersebut.

Hewan berbulu tebal ini meskipun tidak benar-benar memberikan senyuman kepada orang-orang, namun mereka termasuk hewan dengan kepribadian yang ramah.

Quokka tidak hidup secara teritorial dan suka hidup berdampingan satu sama lain, termasuk dengan manusia. Maka dari itu, banyak masyarakat yang berfoto selfie bersama Quokka.

BACA JUGA : Ternyata Indonesia Punya Hewan Purba yang Masih Hidup, Yuk Kenalan Sama Spesies Endemik Ini

2) Punya kantong kecil di perut seperti kangguru

Fakta menarik tentang Quokka berikutnya adalah adanya kantong kecil di perutnya seperti kangguru.

Quokka termasuk hewan marsupial yang memiliki kantong kecil untuk menyimpan anak mereka. Setelah bayi Quokka lahir, mereka akan merangkak sendiri untuk masuk ke dalam kantung perut induknya.

Bayi Quokka akan menyusu di dalam kantong perut tersebut hingga sekitar usia 6 bulan. Setelah itu, bayi Quokka akan keluar dari kantung perut induknya dan mulai mengeksplorasi lingkungan sekitar.

Sumber: