Catat! Ini 3 Hal yang Akan Terjadi Jika Kamu Ngotot Tak Bayar Pinjaman Online

Catat! Ini 3 Hal yang Akan Terjadi Jika Kamu Ngotot Tak Bayar Pinjaman Online

--

RADAR TEGAL - Berikut 3 hal yang akan terjadi jika kamu ngotot tak bayar pinjaman online. Simak selengkapnya di bawah.

Pinjaman online atau pinjol hingga kini masih menjadi alternatif orang Indonesia meminjam uang. Kelebihan yang ditawarkan dalam mengajukan pinjaman di pinjaman online sangatlah mudah seperti proses pencairan dana yang cepat dan pengajuan pinjaman yang tidak rumit.

Namun selain kemudahan yang ditawarkan dari pinjaman online, ada pula layanan ini memiliki resiko, seperti telat membayar pinjaman.

Nah untuk menghindari segala hal yang dapat merugikan diri sendiri ada baiknya kamu mengerti dulu 3 hal yang akan terjadi jika kamu ngotot tak bayar pinjaman online dibawah ini!

 

1. Akan Masuk Kedalam Blacklist SLIK OJK

Setiap akan mengajkan pinjaman di platform pinjol yang sudah terdaftar di OJK, anda pasti akan diminta untuk menyerahkan sejumlah dokumen yang berkaitan dengan data pribadi sebagai syarat kepada fintech.

Dengan menyerahkan sejumlah dokumen ini, pihak fintech akan mengetahui data dan identitas diri peminjam, identitas seperti anam lengkap, alamat tempat tinggal, pekerjaan, alamat tempat kerja, nomor telefon orang terdekat, dan sejumlah data lainnya.

BACA JUGA:Jangan Serba Pinjol, Coba 5 Alternatif Pinjaman Uang yang Lebih Aman dan Lebih Gampang

Nah jika sampai tidak membayar cicilan tagihan pinjaman, akan ada konsekuensi yang harus diterima peminjam. Konsekuensi itu ialah data diri yang terdapat di dokumen yang telah diserahkan akan dilaporkan ke OJK dan kemudiak akan OJK akan memasukan data diri kedalam daftar hitam layanan pinjaman.

Dengan data diri masuk ke daftar hitam layanan pinjaman, maka akan susah untuk melakukan pinjaman online atau bantuan finansial dari lembaga keuangan yang berada di Indonesia.

2. Denda dan Beban Bunga yang Selalu Menumpuk

Terkadang menghadapi denda keterlambatan serta tingginya bunga beban pada pinjol sudah menjadi hal yang biasa. Jika mengabaikan pembayaran pinjaman online dengan sengaja, maka akan menyebabkan akumulasi hutang yang sukar untuk ditangani.

Tetapi ada solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Biasanya terdapat opsi untuk meringankan beban bunga atau opsi untuk memperpanjang tenor pinjaman. Dengan begini, bisa mengurangi total cicilan yang harus terbayarkan dan meningkatkan peluang untuk menyelesaikan tagihan hutang dengan lebih gampang.

Sumber: cnbcindonesia.com