Masih Jadi Teka-teki, Inilah Misteri Wafatnya Panembahan Senopati

Masih Jadi Teka-teki, Inilah Misteri Wafatnya Panembahan Senopati

Panembahan Senopati, raja pertama Mataram Islam--Dinas Kebudayaan Yogyakarta

RADAR TEGAL, Nama Panembahan Senopati tidak asing lagi, apalagi bagi masyarakat Jawa yang mengetahui asal-usul sejarahnya. Rupanya, tokoh satu ini masih meninggalkan sebuah tanda tanya. Misteri Panembahan Senopati tersebut akan dibahas berikut ini.

Panembahan Senopati adalah seorang pemimpin Kerajaan Mataram Baru. Dia pemimpin pertama yang membangun kerajaan yang sebelumnya hanya bagian wilayah kekuasaan Kesultanan Pajang.

Nama asli Panembahan Senopati adalah Danang Sutawijaya. Lahir sebagai anak dari ayahnya yang bernama Hadiwijaya, dia dikenal sebagai pemuda yang cerdik dan punya banyak kesaktian.

Panembahan Senopati meninggal pada tahun 1601. Tetapi, wafatnya beliau justru meninggalkan teka-teki yang tidak terpecahkan. Ketidakjelasan dalam kematiannya menjadi misteri Panembahan Senopati.

Melansir dari Youtube Film Legenda Nusantara, berikut ini adalah informasi mengenai misteri kematian Panembahan Senopati.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Amangkurat 1, Raja Mataram Islam Dengan Sejarah Pembantaian 6.000 Ulama dan Santri

Misteri usia Panembahan Senopati

Tidak ada catatan yang menyebutkan mengenai usia Panembahan Senopati. Bahkan, angka tahun kematiannya pada 1601 diperoleh dari keterangan bahwa wafatnya bersamaan dengan kejadian gerhana matahari di Jawa.

Raja dan sultan lainnya di Pulau Jawa mempunyai informasi tentang hari kelahiran dan kematiannya, tetapi tidak dengan Panembahan Senopati. Hanya ada sedikit dugaan bahwa dia memimpin Mataram selama kurang lebih 15 tahun.

Sementara itu, ada pendapat yang mengatakan bahwa Panembahan Senopati wafat di usia sekitar 40 tahun. Beberapa mengatakan bahwa beliau meninggal saat usia 20-an tahun.

BACA JUGA:Sejarahnya Belum Sepenuhnya Terungkap! Melihat Jejak Peninggalan Kerajaan Kuno di Candi Badut

Penyebab kematian yang tidak diketahui

Beberapa catatan raja-raja Jawa juga tidak sedikit yang tidak menyebutkan penyebab kematian. Tetapi, yang membuat penyebab wafatnya Panembahan Senopati menjadi misteri adalah karena baru setahun sejak memenangkan perang terakhir.

Informasi lokasi tempat meninggalnya tercantum dalam Babad Sengkala. Catatan ini menyebutkan Panembahan Senopati meninggal di Kajenar, sekarang Sayangan, Jagalan, Kotagede). Sementara itu, pusaranya terdapat di kompleks Pesarean Mataram di Kotagede Surakarta.

Sumber: https://youtu.be/yp5p3f5lpgy