Masih Jadi Teka-teki, Inilah Misteri Wafatnya Panembahan Senopati

Masih Jadi Teka-teki, Inilah Misteri Wafatnya Panembahan Senopati

Panembahan Senopati, raja pertama Mataram Islam--Dinas Kebudayaan Yogyakarta

Belum lagi, Panembahan Senopati dikenal sebagai sosok yang sakti. Agaknya, cukup mengherankan bagi seseorang dengan kesaktian hebat meninggal tanpa sebab yang jelas. Ada juga yang berpendapat bahwa beliau wafat dengan wajar.

Beberapa pendapat lain pun muncul. Ada yang mengatakan bahwa Panembahan Senopati meninggal di tangan cucunya sendiri, anak Ki Ageng Mangir yang membalaskan kematian ayahnya.

BACA JUGA:Ada Hubungan dengan Nyi Roro Kidul? Mengenal Dewi Lanjar, Penguasa Pantai Utara di Jawa Tengah

Ada juga yang berpendapat bahwa catatan sedo ing kajenar maknanya bukan meninggal di desa bernama Kajenar. Kajenar dari kata jenar yang berarti kuning. Kuning sendiri adalah warna mangir. Jadi, sedo ing kajenar artinya meninggal di tangan trah Mangir.

Mengingat rumitnya sejarah kerajaan yang sedikit simpang siur karena berbagai pendapat dan penulisan ulang, tidak bisa dipastikan dengan pasti bagaimana penyebab wafatnya tokoh Panembahan Senopati.

Begitulah informasi mengenai misteri Panembahan Senopati, pemimpin pertama Kerajaan Mataram yang dihormati hingga sekarang. Dengan menilik misteri ini, kita juga bisa sekaligus mempelajari sejarah. Semoga informasi ini bermanfaat.***

Sumber: https://youtu.be/yp5p3f5lpgy