Terkenal Sebagai Penguasa Pantai Utara Jawa, Ini Sosok Dewi Lanjar yang Punya Kisah Pilu

Terkenal Sebagai Penguasa Pantai Utara Jawa, Ini Sosok Dewi Lanjar yang Punya Kisah Pilu

dewi lanjar--

RADAR TEGAL - Dewi lanjar merupakan sosok penguasa pantai utara Jawa yang terkenal bagi masyararak pesisir pantai utara. Kisahnya melekat dengan misteri dibalik sosoknya sang ratu pantai utara.

Dulunya Dewi Lanjar merupakan bawahan Nyi Roro Kidul yang mendiami pantai selatan. Banyak masyarakat yang percaya bahwa sosoknya masih ada dan mengawasi kehidupan manusia di daratan pantai utara.

Ia dipercaya mendirikan kerajaan di sepanjang pantai utara. Konon katanya, kalau ada anak yang hilang di pantai utara kemungkinan dibawa Dewi Lanjar untuk tinggal di kerajaannya.

Lalu siapa sebenarnya sosok Dewi Lanjar, sang penguasa pantai utara ini. Simak selengkapnya asal usul Dewi Lanjar.

BACA JUGA:Misteri Jembatan Comal Pemalang, Konon Menjadi Lokasi Kerajaan Siluman

Asal Usul Sosok Dewi Lanjar

Dewi Lanjar memiliki nama asli Rara Kuning. Dalam bahasa Jawa, Lanjar berarti perempuan yang sudah bercerai dan belum punya anak.

Penamaan ini ada kaitannya dengan kisah hidupnya yang berat. Melansir buku Kanjeng Ratu Kidul dalam Perspektif Islam Jawa karangan Muhammad Sholikhin melalui GNFI (3/11), kala itu, Rara Kuning merupakan seorang putri yang sangat cantik. Ia sempat menikah dengan seseorang.

Tapi sayangnya, ia harus menjadi janda usai suaminya meninggal. Padahal usia pernikahan mereka baru seumur jagung. Rara Kuning selalu mengingat suaminya. Untuk terlepas dari beban hidup, ia memutuskan untuk pergi ke daerah lain dan terus berjalan ke selatan.

Tibalah ia di tepian Sungai Opak dan secara kebetulan bertemu dengan Raja Mataram Panembahan Senopati serta Mahapatih Singoranu. Mereka kemudian berbincang. Rara Kuning disarankan untuk pergi ke pantai selatan untuk bertemu dengan Ratu Kidul.

Sampai di pantai selatan, Rara Kuning bertapa hingga moksa. Ia pun berhasil bertemu dengan Ratu Kidul dan meminta agar diangkat menjadi bawahannya.

Sang Ratu Kidul menyetujuinya. Ia bersama dengan para jin diberi tugas untuk mengadang Raden Bahu yang tengah membuka wilayah di daerah Gambiran.

Sayangnya, Rara Kuning gagal melaksanakan tugasnya dan angkat kaki dari pantai selatan. Akhirnya, ia pun kembali ke kampung halamannya atas izin dari Raden Bahu. Sejak itulah ia menjadi penjaga pantai utara dengan nama Dewi Lanjar.

BACA JUGA:Angkat Mitos Jawa, Film Primbon Sajikan Teror Makhluk Astral di Keluarga Keturunan Raja

Itulah sosok Dewi Lanjar sang penguasa pantai utara. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sedulur semua.***

Sumber: