Misteri Kota Gaib Sigeseng Pemalang, Kerajaan di Pesisir Laut Jawa yang Dikaitkan dengan Sosok Dewi Lanjar

Misteri Kota Gaib Sigeseng Pemalang, Kerajaan di Pesisir Laut Jawa yang Dikaitkan dengan Sosok Dewi Lanjar

KERAJAAN - Misteri kota gaib Sigeseng Pemalang ini diyakini masyarat sekitar terdapat kerajaan di pesisir laut pantai utara yang cukup melegenda.-freepik-

PEMALANG, radartegal.id - Misteri kota gaib Sigeseng Pemalang. Daerah pesisir utara Jawa telah lama menjadi pusat legenda dan mitos mistis yang menyelimuti kehidupan masyarakat sekitarnya. 

Salah satu tokoh paling terkenal yang kerap dikaitkan dengan kisah-kisah ini adalah Dewi Lanjar, ratu laut utara. Menurut cerita rakyat, jika ada anak yang hilang di pantai utara, masyarakat setempat sering kali menyalahkan Dewi Lanjar sebagai pelakunya. 

Dalam bahasa Jawa, "Lanjar" berarti perempuan yang sudah bercerai tetapi belum memiliki anak. Banyak yang percaya bahwa istana gaib Dewi Lanjar terletak di pesisir pantai utara, terutama di Pekalongan. 

Ia dianggap sebagai bawahan Ratu Laut Kidul yang ditugaskan untuk menjaga pantai utara Jawa. Di sebelah timur Pekalongan, terdapat Kabupaten Pemalang yang juga menyimpan kisah-kisah mistis tersendiri. 

BACA JUGA: Menguak Misteri Pasar Setan Gunung Lawu, Bisa Pindah Dimensi ke Zaman Masa Lalu

Pemalang terkenal dengan kuliner khasnya, nasi gromyang, tetapi juga dikenal karena berbagai legenda mistis yang beredar di kalangan masyarakatnya. 

Dikutip dari channel youtube TRANS7 OFFICIAL Kamis, 30 Mei 2024. Salah satu kisah mistis yang terkenal adalah tentang misteri kota gaib Sigeseng Pemalang, yang diyakini warga Desa Kendalrejo, Kecamatan Petarukan.

Mitos Sigeseng dan Jimat Jambu Karang

Sigeseng adalah tempat yang diyakini sebagai lokasi mengerikan namun kini banyak dikunjungi sebagai wisata religi. Lokasi ini dikenal dengan Jimat Jambu Karang yang terletak di Desa Kendalrejo, Kecamatan Petarukan. 

Banyak yang mempercayai bahwa tempat ini memiliki kekuatan mistis yang kuat. Istilah "pesugihan" sering kali disematkan pada kerajaan makhluk gaib yang konon berlokasi di sini.

Kisah-kisah mistis yang berasal dari tempat ini begitu dikenal masyarakat Pemalang dan sekitarnya, bahkan sampai ke luar daerah. Daya magis dari Sigeseng membuat para penjelajah dunia supranatural sering kali mendatangi tempat ini untuk melakukan ritual-ritual tertentu. 

BACA JUGA: Misteri Tanjakan Emen Subang, Banyak Mitos yang Menyelimuti Jalan Ini

Selain mitos kerajaan gaib Sigeseng, terdapat juga petilasan orang-orang sakti dari zaman dahulu, seperti Syekh Maulana Maghribi dan Syekh Jambu Karang.

Sumber: