Bersiap Tinggal Nama, Kampung di Semarang Ini Bakal Ditenggelamkan

Bersiap Tinggal Nama, Kampung di Semarang Ini Bakal Ditenggelamkan

dusun kedung glatik--

RADAR TEGAL - Rencana akan ditenggelamkannya kampung ini memang bukan menjadi hal yang baru lagi. Rencana kampung di Semarang akan diteggelamkan sudah ada sejak 2022.

Namun kelanjutan kampung di Semarang yang rencananya akan ditenggelamkan bukan tanpa alasan. Rencananya kampung ini akan berubah menjadi waduk.

Bernama Kedung Glatik, tempat ini terletak di Candirejo, Kecamatan Pringapus, Semarang. Namun sebelum membahas hal ini lebih lanjut, ternyata kampung memiliki keunikan tersendiri lho.

Permukiman di tempat yang terpencil tersebut memiliki pemandangan alam menakjubkan. Rumah-rumah warga masih terbuat dari kayu dan terlihat alami bak perkampungan tahun 70an. 

Saat memasuki desa in      i, akan melihat truk besar di sekeliling desa. Ternyata, Desa Kedung Glatik ini akan ditenggelamkan. 

BACA JUGA:Gak Cuma Lumpia, Ini Rekomendasi Kuliner Khas Semarang yang Perlu Anda Coba!

Apakah Kampung di Semarang Akan Ditenggelamkan?

Dikutip dari YouTube Sultoni Irsyah, saat mengunjungi desa kecil ini, terlihat material bangunan rumah yang semuanya menggunakan bahan kayu. Kampung tidak terlihat sepertin kampung pada umumnya.

Karena berada dekat dengan sungai, rumah dengan bangunan kayu ini memang sengaja dibuat untuk mudah dipindahkan apabila sewaktu-waktu musim penghujan tiba. 

Kampung ini dihuni oleh lebih dari 100 Kepala Keluarga (KK) yang nantinya akan direlokasi ke permukiman baru dan difasilitasi oleh pemerintah. 

Menurut salah seorang warga di Dusun Kedung Glatik, proyek pembangunan waduk sudah mulai dikerjakan. Namun, masih belum ada informasi lebih jauh terkait pemindahan warga desa ke tempat baru. 

Tak hanya permukiman, pemakaman umum di Kedung Glatik nantinya juga akan dipindahkan ke tempat relokasi baru. Dusun Kedung Glatik cukup terpencil, jarak dusun ini dengan pusat pelayanan Desa Cendirejo sekitar empat kilometer.

Jalan menuju dusun tidak mulus, apalagi musim hujan sulit dilalui kendaraan. Rencana akan Dibuat Bendungan Raksasa Sebagai bagian dari proyek pemerintah, Desa Kedung Glatik akan ditenggelamkan karena proyek bendungan Jragung.

Diketahui pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun bendungan raksasa, Jragung. 

Dalam pembangunannya, bendungan ini akan memanfaatkan daerah aliran sungai Jragung dan akan menenggelamkan Dusun Kedung Glatik.

Sumber: