Mengenal Keunikan Kucing Busok, Ras Kucing Asli Indonesia

Mengenal Keunikan Kucing Busok, Ras Kucing Asli Indonesia

Kucing busok, ras kucing asli dari Indonesia--https://youtu.be/CUryVx05OSY

RADAR TEGAL, Kita mengenal Indonesia sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman. Ada beragam hewan yang dimiliki negara ini. Ternyata, negara ini pun mempunyai ras kucing asli Indonesia.

Ras kucing asli Indonesia ini bernama kucing busok. Kucing busok adalah hewan endemik dari Pulau Raas, Madura. Keberadaannya hanya bisa ditemui di daerah itu.

Untuk bisa mengakui kucing busok sebagai ras kucing asli Indonesia adalah dengan dua tahap, yaitu membuktikan kemurnian ras sampai 3 generasi. Selanjutnya adalah dengan melakukan presentasi internasional di World Cat Congress.

Dilansir dari Youtube Kucing Meoong, inilah fakta unik kucing busok, ras kucing asli Indonesia.

BACA JUGA:Ternyata Indonesia Punya Hewan Purba yang Masih Hidup, Yuk Kenalan Sama Spesies Endemik Ini

1. Busok berarti abu-abu

Busok dalam bahasa Madura berarti abu-abu. Nama busok ini diberikan karena melihat karakteristik utamanya, yakni bulunya yang berwarna abu-abu. Bulu kucing busok adalah salah satu ciri khasnya yang abu-abu kebiruan dan halus berkilau.

2. Penampakan tajam seperti singa

Dilihat sekilas, penampilan kucing busok sangat eksotis dengan bentuk wajahnya yang tegas. Matanya berwarna kuning tajam. Sementara itu, hidungnya berukuran sedang dan sedikit melengkung ke bawah, membuatnya kelihatan seperti singa.

3. Ukuran kucing busok di atas rata-rata

Kucing busok punya ukuran yang lebih besar dari kucing kampung. Panjang badannya bisa sampai 60 cm, sedangkan beratnya bisa mencapai 6,8 kilogram. Sementara itu, tekstur bulunya lebih tebal dibandingkan kucing kampung dan jenis lainnya.

BACA JUGA:Hidup Sejak Ratusan Tahun yang Lalu! Kenali 3 Hewan Purba di Indonesia yang Ada Hingga Sekarang

Begitulah keunikan kucing busok, ras kucing asli dari Indonesia. Kucing ini termasuk hewan yang dilindungi karena keberadaannya semakin langka. Pemerintah setempat, khususnya Pulau Raas, melakukan upaya agar kucing busok terjaga kemurniannya.***

Sumber: https://youtu.be/curyvx05osy