Cek Jadwal Bansos BPNT Rp600.000 Tahap 4 Tahun 2023 Melalui Kantor Pos

Cek Jadwal Bansos BPNT Rp600.000 Tahap 4 Tahun 2023 Melalui Kantor Pos

--

RADAR TEGAL - Beberapa hari terakhir, beredar informasi ramai mengenai pencairan Bansos BPNT tahap 4 periode Juli-Agustus 2023 yang dilakukan melalui KKS Bank Himbara.

Kejadian sebelumnya menunjukkan bukti struk pengambilan Bansos BPNT tahap 4 melalui KKS Bank BRI yang diunggah oleh salah satu KPM di grup media sosial Facebook.

Pencairan ini menjadi kejutan bagi KPM karena mereka sedang menunggu pencairan Bansos PKH tahap 3, namun ternyata Bansos BPNT sudah dicairkan lebih awal.

Namun, keabsahan informasi ini belum dapat dipastikan, apakah yang dicairkan adalah bantuan program sembako atau bantuan sosial lainnya.

Apakah Pencairan BPNT melalui Kantor Pos sudah dimulai?

Untuk memastikan hal tersebut, diperlukan pengecekan melalui akun SIKS-NG di pendamping maupun di Dinas Sosial setempat.

Pencairan Bantuan Sosial (Bansos) telah dinantikan oleh para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh wilayah Indonesia, terutama karena kondisi ekonomi yang sedang tidak baik akibat kenaikan harga komoditas.

Di saat memasuki tahun ajaran baru, keluarga yang memiliki anak-anak sekolah tentunya membutuhkan biaya ekstra. Bantuan sosial diharapkan dapat meringankan beban ekonomi pasca covid-19.

BACA JUGA:Cara Cairkan Rp10 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan? Begini Caranya

Mekanisme penyaluran bantuan sosial BPNT

Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan reguler, salah satunya adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Bantuan sembako yang diperuntukkan bagi 18,8 juta KPM di Indonesia.

BPNT disalurkan melalui PT Pos dan Bank Himbara. Perbedaannya terletak pada frekuensi penyaluran dan nominal bantuan.

Melalui Bank Himbara, bantuan diberikan setiap 2 bulan sekali sebesar Rp400.000, sedangkan melalui PT Pos Indonesia, bantuan disalurkan setiap 3 bulan sekali dengan nominal Rp600.000.

Status penyaluran BPNT dan harapan KPM

Dari aplikasi SIKS-NG pendamping sosial, terlihat bahwa sebagian KPM telah memperoleh penyaluran bantuan BPNT untuk periode Juli-Agustus, dan nomor rekening mereka telah terisi.

Namun, keterangan Burekol, status rekening, dan Keterangan SP2D masih kosong. Hasil pengecekan di akun SIKS-NG menunjukkan bahwa pencairan bantuan ke KPM melalui Kantor Pos belum terjadi hingga saat ini.

Perlu dicatat bahwa setiap daerah memiliki proses penyaluran yang berbeda-beda, sehingga tidak dapat digeneralisasi untuk wilayah lainnya.

BACA JUGA:Selamat! Bansos KIS PBI BPJS Kesehatan 2023 Sudah Cair Bulan Juli 2023

Proyeksi penyaluran bantuan program sembako

Meskipun demikian, dapat diprediksi bahwa pencairan Bantuan program sembako akan mulai merata pada pertengahan bulan Agustus hingga akhir September 2023 mendatang.

Oleh karena itu, para KPM diimbau untuk tetap bersabar menantikan proses pencairan bantuan dan tidak terburu-buru untuk melakukan pengecekan ke mesin ATM demi menghindari kerusakan pada kartu KKS KPM.

Dengan demikian, pencairan Bansos BPNT tahap 4 periode Juli-Agustus 2023 melalui KKS Bank Himbara dan proses penyaluran BPNT di seluruh wilayah Indonesia masih menjadi perhatian utama bagi para KPM. Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi mereka di tengah kondisi ekonomi yang sulit.

Demikian informasi tentang bansos BPNT bulan juli sampai agustus 2023. Temukan banyak informasi tentang Bansos lainnya, hanya di radartegal.disway.id. Semoga membantu dan bermanfaat,(*)

Sumber: