5 Kuliner Nikmat Khas Tegal yang Wajib Kamu Coba, Salah Satunya Jadi Pelopor Warteg!

5 Kuliner Nikmat Khas Tegal yang Wajib Kamu Coba, Salah Satunya Jadi Pelopor Warteg!

Kuliner khas Tegal yang nikmat--

RADAR TEGAL – Kuliner khas Tegal selalu memberikan cita rasa yang kaya dan nikmat. Setiap hidangan memiliki rasa yang unik dan kelezatannya sulit ditemukan di wilayah lain.

Kekayaan kuliner inilah yang membuat masyarakat Tegal terinspirasi untuk usaha warteg yang terkenal di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Berbagai kuliner khas Tegal ini dapat dijumpai dengan mudah di setiap sudut daerah. Setiap hidangan juga memiliki tarif harga yang sangat terjangkau.

Penasaran? In dia 5 kuliner khas Tegal yang menggugah selera.

BACA JUGA:Bosan Makan Seblak? Ini Rekomendasi Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicoba!

Soto Tauco

Indonesia memiliki beragam jenis soto, yakni hidangan berkuah gurih dengan isian daging. Salah satu soto yang rasanya maknyus adalah Soto Tauco khas Tegal.

Hidangan ini berbeda dari soto yang lain karena sangat khas dengan sambal tauconya. Tauco biasanya identik dengan masakan tumisan, tetapi di Tegal  makanan fermentasi ini disulap menjadi soto yang nikmat.

Kuah dari soto tauco memiliki rasa pekat dari berbagai paduan gurih, manis, pedas, dan sedikit asam. Ditambah isian suwiran daging ayam, sapi, atau babat membuat hidangan ini menjadi sangat nikmat.

Soto tauco sangat cocok untuk disantap saat sarapan maupun malam hari yang dingin. Hangatnya kuah dan cita rasa sambal tauco akan meleleh di mulut.

 

Kupat Blengong

Kuliner khas Tegal yang menjadi primadona banyak orang adalah kupat blengong. Blengong merupakan hewan hasil persilangan antara bebek jantan dan andhog betina.

Hewan persilangan ini hasil ternak masyarakat Sumurpanggang dan Pesurungan. Blengong memiliki rasa yang mirip dengan bebek, tetapi tekstur dagingnya memiliki serat lebih lunak.

Selanjutnya blengong diolah menjadi sate jeroan, daging, balungan, dan kulitnya disantap bersama kuah merah pedas.

Blengong yang sudah diolah kemudian disantap bersama dengan kupat serta sayuran. Disiram dengan kuah kuning pekat dan gurih, kupat blengong juga sangat cocok disantap dengan sambal rawit.

BACA JUGA:Rujak Teplak, Kuliner Khas Tegal yang Lezat dan Cocok Untuk Diet

Sego Ponggol

Ponggol adalah salah satu kuliner khas Tegal yang menggunakan nasi. Biasanya lauk nasi ponggol berisi sambel goring tempe, mapun tempe orek, tahu, dll.

Sajian nasi campur ini menjadi pelopor isnpirasi menu pada Warung Tegal (warteg). Sajian nasi di atas daun pisang yang dapat dicampur dengan berbagai lauk pilihan.

Ciri khas sego ponggol terdapat pada penggunaan daun pisang yang membungkus nasi saat masih hangat. Hal ini yang membuat aroma ponggol keluar dan membuat cita rasa yang sedap.

Selain daun pisang, terdapat sego ponggol daun jati. Nantinya ponggol akan berubah warna daunnya menjadi merah muda.

Apabila ingin menyantap sego ponggol yang nikmat, kamu dapat berkunjung ke Lesehan Ponggol di Jl. Werkudoro No.98 Slerok, Kota Tegal, Jawa Tengah 52192.

BACA JUGA:Eits, Jangan Salah Paham! Ini 5 Nama Kuliner yang Bikin Salfok

Es Lontrong

Sekilas penampakannya memang mirip dengan es campur, tetapi es legendaris ini memiliki cita rasa yang berbeda dan sangat khas.

Es lontrong merupakan kuliner khas Tegal yang sangat melegenda dan cukup mudah untuk dijumpai di Tegal. Es ini terbuat dari cincau dan kacang hijau yang lezat.

Paduan gurih kuah santan dan manisnya gula merah membuat isian es lontrong sangat nikmat. Apalagi ditambahkan dengan es serut yang halus, kenikmatan es legendaris ini tiada tara.

Kamu dapat berkunjung ke Es Lontrong Slawi di Jalan Letjen Suprapto No. 26, Slawi Wetan, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Glotak

Apabila dessert biasanya merupakan makanan manis, tetapi beda dengan makanan kecil bernama glotak khas Tegal ini.

Glotak berasal dari olahan gembus, yakni mirip dengan oncom hanya warnanya putih seperti tempe. Selanjutnya gembus dimasak dengan bumbu khas.

Kuliner khas Tegal ini dimasak menggunakan bumbu pedas dari kaldu tulang sapi atau ayam. Bumbunya seperti cabai merah, kemiri, bawang merah, lengkuas, sereh, dan daun salam.

Untuk menikmati sajian ini tidak lengkap tanpa kerupuk warna-warni khas Tegal. Anda dapat mampir ke warung Glotak Yi Iyah di Jalan Hang Tuah, Tegalsari, Kota Tegal. Warung ini telah berjualan lebih dari satu dekade.

BACA JUGA:Terkenal Enak, Ini 7 Kuliner Legendaris di Tegal

Berbagai kuliner lezat khas Tegal di atas patut kamu coba saat berkunjung ke Tegal. Kalamu kamu, mau coba kuliner nomor berapa?***

Sumber: www.langsungenak.com/nasi-ponggol-khas-tegal-by-dinna-rosita/