Rujak Teplak, Kuliner Khas Tegal yang Lezat dan Cocok Untuk Diet

Rujak Teplak, Kuliner Khas Tegal yang Lezat dan Cocok Untuk Diet

Rujak Teplak kuliner khas Tegal-Pantura Post-

 

RADAR TEGAL – Kuliner khas Tegal yang satu ini cukup popular dan rasanya sangat nikmat untuk dimakan pada pagi dan sore hari. Namanya Rujak Teplak, hidangan lezat yang bahan utamanya dari sayu-sayuran.

 

Rujak Teplak ini termasuk kuliner tradisional dari Tegal yang menyehatkan dan juga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang menurunkan berat badan.

 

Bahan-bahan yang terdapat dalam Rujak Teplak sebetulnya mirip dengan rujak di daerah lain. Berisi sayuran seperti daun singkong, kangkung, daun pepaya, lembayung, selada, dan kol.

 

Keseluruhan bahan sayuran direbus, lalu disajikan bersama dengan bumbu rujak. Nah, bumbu rujak inilah yang menjadi pembeda dari rujak yang lain.

BACA JUGA:Nikmatnya Kupat Glabed Kuliner Khas Tegal, Bikin Susah Move on

 

Bumbu rujak teplak popular dengan sebutan “sambal gaul” di kabupaten Tegal. Jika biasanya bumbu rujak dominan menggunakan kacang, bumbu rujak khas Tegal ini berasal dari singkong yang direbus yang sudah dihaluskan.

 

Setelah itu, adonan singkong decampur bersama bumbu lain seperti cabe merah, garam, terasi, asam jawa, gula merah, dan sedikit air.

 

Tidak adanya proses menggoreng juga menjadikan rujak teplak hidangan cocok untuk diet. Selain itu, porsi dari hidangan ini biasanya tidak banyak sehingga sangat pas untuk mengganjal lapar

 

Agar saat menyantap rujak teplak semakin lengkap, maka wajib ditambahi dengan merupuk mi khas Tegal yang renyah.

BACA JUGA:Terkenal Enak, Ini 7 Kuliner Legendaris di Tegal

 

Asal mula Rujak Teplak

 

Istilah Rujak Teplak berasal dari nama penemu, Mak Teplak yang menemukan resep sambal teplak pertama kali. Mak Teplak dahulunya sering membuat pesanan rujak teplak untuk warga yang ingin merantau ke luar kota.

 

Warung Mak Teplak juga masih dapat dijumpai hingga saat ini. Berlokasi di Jalan Tjokroaminoto, pusat Kota Tegal. Bahkan, sajian rujak teplak juga berhasil dipamerkan ke kancah internasional.  

 

Saat ini sangat mudah untuk menemukan jajanan rujak teplak di berbagai wilayah kota dan kabupaten Tegal. Kuliner ini sudah sangat melegenda dan menjadi kuliner khas kota Bahari yang terkenal.

 

Untuk menikmati rujak teplak, kamu dapat berkunjung ke pasar tradisional. alun-alun, maupun tempat wisata. Biasanya pedagang rujak teplak berkeliling dengan bakul. 

 

Tarif harga pasaran rujak teplak biasanya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Sajian yang lezat dan menyehatkan ini juga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan karena minim mengandung bahan yang alergi.

Sumber: https://kumparan.com/panturapost/nikmatnya-rujak-teplak-makanan-khas-tegal-yang-sehat