Apa Saja 5 Bansos Cair Juli 2023? Buruan Cek Nama Penerimanya di cekbansos.kemensos.go.id

Apa Saja 5 Bansos Cair Juli 2023? Buruan Cek Nama Penerimanya di cekbansos.kemensos.go.id

--

RADAR TEGAL - Sejumlah alokasi bantuan sosial dari pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali cair pada bulan kelima 2023 ini. Sedikitnya ada 5 bansos cair Juli 2023, yang sudah terjadwal secara otomatis melalui sistem penyalurannya masing-masing.

Pada tahun ini ada penambahan alokasi penerima bansos PKH dan BPNT 2023. Penambahan alokasi ini membuat total keluarga penerima manfaat (KPM) menjadi 4,5 juta jiwa. Penyaluran bansos cair Juli 2023 sendiri akan pemerintah lakukan di 514 kota/kabupaten seluruh Indonesia.

5 bansos cair Juli 2023 ini sudah ada yang terdistribusikan kepada KPM, yang berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin. Terkait informasi daftar ke-5 jenis bansos yang akan cair bulan, bisa penerimanya cek di cekbansos.kemensos.go.id. Selain itu Anda juga bisa bisa menyimaknya melalui artikel ini.

Sekadar informasi, pada tahun 2023 ini ada beberapa bansos yang tak lagi pemerintah salurkan. Antara lain BSU untuk karyawan swasta, BLT BBM, dan BLT UMKM atau BPUM. Meski begitu, pemerintah juga masih tetap menyalurkan bansos-bansos lainnya. Lantas alokasi apa saja bansos cair Juli 2023 ini?

Daftar bantuan sosial tahun ini

Di bawah ini terdaftar sejumlah bansos yang pemerintah jadwalkan akan tersalurkan pada bulan kelima tahun 2023. Berikut daftarnya.

1. PBI JK atau Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan

Bansos PBI JK merupakan bantuan yang akan pemerintah salurkan kepada masyarakat yang telah terdaftar di DTKS Kemensos. Penyalurannya bukan dalam bentuk tunai. Tetapi bantuan ini akan cair setiap bulan sekali sebesar Rp42.000, yang langsung tersalurkan dalam bentuk iuran BPJS Kesehatan.

Penerima PBI JK bisa menikmati fasilitas pengobatan gratis, tanpa khawatir terlambat membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

2. BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai

Bansos BPNT adalah salah satu bantuan yang rutin Kemensos salurkan setiap tahunnya senilai Rp200.000 per bulannya. Atau Rp2,4 juta per tahun. Berbeda dengan pencairan tahun lalu, salah satu bansos cair Juli 2023 ini, mekanisme penyaluran BPNT berubah menjadi tunai di Bank Himbara atau Kantor Pos.

Masyarakat yang mendapatkan dana BPNT ini, bisa membelanjakan uang bantuannya untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari.

3. PKH atau Program Keluarga Harapan

Bansos Program Keluaga Harapan (PKH) masih menjadi bantuan sosial yang disalurkan secara rutin sepanjang tahun dalam beberapa tahun terakhir. Sama seperti BPNT, PKH akan disalurkan tunai kepada para penerimanya dengan nominal yang berbeda-beda sesuai kategori, mulai dari ibu hamil hingga lansia.

Sumber: