Mau Bearkhir Pekan di Tegal? 15 Kuliner Khas Pesisir Tegal Ini Wajib Dicoba, Murah Meriah tapi Maknyus

Mau Bearkhir Pekan di Tegal? 15 Kuliner Khas Pesisir Tegal Ini Wajib Dicoba, Murah Meriah tapi Maknyus

--

TEGAL, radartegal.disway.id - Jika mendengar kata Tegal di Jawa Tengah, pasti ingatan orang akan tertuju pada warung tegal (warteg). Padahal ada juga kuliner khas pesisir Tegal yang wajib dicoba.

Kenapa? Karena kuliner khas pesisir Tegal hanya bisa kita jumpai saat berkunjung ke Tegal. Di kota-kota lainnya hampir sama sekali tidak akan kita temui.

Apalagi cita rasa kuliner khas pesisir Tegal terkenal dengan keunikannya. Misalnya soto tegal yang kaya dengan rempah-rempah dan tauco, berbeda dengan kebanyakan soto di daerah lain.

Di Tegal sendiri, kuliner khas pesisir Tegal ini sudah banyak yang dikembangkan menjadi bisnis ekonomi kreatif. Salah satunya warteg, yang kini terkenal dengan Kharisma dan Mamoka.

15 kuliner khas pesisir Tegal

Nah, di bawah ini ada 15 makanan dan jajanan tradisional Tegal yang bisa kita jumpai dengan mudah saaberkunjung ke Tegal. 

1. Kupat Glabed Randugunting

Sesuai namanya, kupat glabed Randugunting adalah potongan ketupat yang diberi kuah kental dan dimakan bersama sate kerang. Jenis makanan ini sangat populer di pesisir barat Jawa Tengah, dan identik namanya dengan salah satu kelurahan di Kota Tegal. Saat kita berkunjung ke Tegal, dengan mudah bisa kita jumpai kupat glabed Randugunting ini. Selain di warung-warung, juga titik-titik keramaian di Kota Tegal.

2. Ponggol Setan

Kuliner Tegal Nasi Ponggol adalah nasi berisi lauk yang terdiri dari tahu, tempe, ikan asin, dan oreg tempe tumis. Orang biasa menyebutnya Nasi Ponggol "Setan" karena dijual malam setelah jam 6 malam sampai pagi hari dan rasanya yang pedas hingga bisa bikin orang seperti kesetanan.

3. Lengko

Sega Lengko adalah nasi yang ditaburi bumbu kacang yang kental lengkap dengan irisan tahu goreng dan sayur-mayur seperti sawi, tauge, dan mentimun. Keunikan sega lengko di Tegal yang menjadi pembeda dengan daerah lain adalah taburan kerupuk mie di atasnya, serta bumbu kacang yang sedikit memiliki rasa manis.

4. Glotak

Glothak, makanan yang terbuat dari gembus/oncom dengan kuah kaldu dan cabai hijau. Kuliner ini dapat kita temukan juga di pedagang kaki lima di kota Tegal. Rasanya sangat nikmat dan cocok untuk kits santap saat cuaca dingin atau hujan.

Sumber: