Dijuluki Kota Musik Dunia oleh UNESCO, 3 Fakta Unik Kota Ambon Indonesia

Dijuluki Kota Musik Dunia oleh UNESCO, 3 Fakta Unik Kota Ambon Indonesia

Fakta Unik Kota Ambon -Cruise Mapper-

RADARTEGAL.DISWAY -  Ambon merupakan salah satu kota di Maluku, Indonesia. Keindahan alam di sini sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, siapa sangka bahwa kota Ambon ditetapkan sebagai City of Music oleh UNESCO, lho.

Ada keunikan apalagi ya tentang kota ini? Yuk simak fakta unik kota Ambon.

3 Fakta Unik Kota Ambon

-         Perjalanan Kota Ambon Menjadi Kota Musik Dunia

Pada 30 Oktober 2019, Kota Ambon resmi ditetapkan sebagai Ambon City of Music oleh UNESCO. Keberhasilan ini merupakan kerja keras antara Pemerintah Kota Ambon dan seluruh masyarakatnya dalam Ambon Music Office (AMO).

Julukan sebagai kota musik pantas disandang. Sebab dalam kehidupan sehari-harinya masyarakat Kota Ambon tidak terlepas dengan musik. Berbagai musisi terkenal juga lahir dari kota ini, seperti Ruth Sahanaya, Hamdan Atamini, Rido Slank, Malaiholo, dan lainnya.

Kota Ambon juga memenuhi persyaratan sebelum ditetapkan sebagai Kota Musik Dunia. Memiliki sumber daya manusia, terdapat gedung pertunjukan seni, di antaranya ikon Air Mancur Menari di Taman Pattimura yang terkenal.

Event-event musik bertaraf nasional dan internasional juga banyak terhelat di Kota Ambon. Hal itulah yang membuat Ambon pantas menyandang gelar Kota Musik Dunia.

BACA JUGA:Menikmati Keasrian Desa Penglipuran yang Super Bersih, Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Bangli

-        Memiliki Banyak Wisata yang Indah

Ambon merupakan wilayah yang memiliki beragam objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Pantai-pantai cantik yang mengelilingi Ambon membuat kota ini selalu memiliki tempat yang dapat disambangi.

Salah satu tempat yang sangat indah adalah Pantai Pintu Kota. Pantai ini sangat terkenal karena bentuk batu karangnya yang sangat unik.

Sesuai dengan namanya, di depan bagian pantai terdapat karang besar yang memiliki bentuk selayaknya pintu gerbang utama. Pantai Pintu Kota berlokasi di Desa Nusaniwe, Ambon, Maluku.

Selain pantai, Ambon juga menjadi tempat wisata bersejarah karena terdapat beberapa bangunan bersejarah, salah satunya Benteng Belgica.

Benteng ini berbentuk segi lima yang sangat unik. Tidak hanya sambil belajar sejarah, saat jalan-jalan ke sini, kamu akan disuguhi pemandangan gunung dan laut yang memukau.

BACA JUGA:Cara Hidupnya Masih Seperti Zaman Pra-Majapahit, Kenalan dengan Desa Tenganan Bali

-       Event Tahunan yang Berkolaborasi dengan Berbagai Agama

Ambon juga terkenal sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang tingkat toleransinya tinggi. Hal tersebut terbukti pada event Christmas Carol di setiap bulan Desember.

Event tersebut merupakan helatan yang dilakukan untuk menyambut Natal. Keunikan dan kemeriahan acara ini selalu menjadi daya tarik bagi masyarakat dan wisatawan.

Meskipun pergelaran ini dekat dengan Natal, tetapi berbagai pesembahan dalam pergelaran ini terdapat pertunjukan budaya masyarakat muslim, yaitu musik hadrah.  

BACA JUGA: 6 Wisata Desa Terbaik dan Terpopuler di Indonesia yang Wajib Kalian Kunjungi 

Itu dia 3 fakta unik tentang Kota Ambon yang keren dan menawan. Keindahan pada kota ini sudah semestinya menjadi tujuan wisata berlibur yang berkesan. Kalau kamu sendiri, tertarik berkunjung ke kota ini?.***

Sumber: https://youtu.be/yguicizijyu