Tradisi Unik Masyarakat Papua, Bakar Batu untuk Memasak Makanan

Tradisi Unik Masyarakat Papua, Bakar Batu untuk Memasak Makanan

--youtube Jelajah Bumi

Setelah batu-batu panas masuk, semua bahan makanan lain seperti sayuran, ubi, dan daging masuk ke lubang hingga terisi penuh. Pada bagian atas, mereka kembali meletakkan batu panas agar semua bahan makanan matang secara merata. 

Setelah semua bahan makanan masak, warga yang sedari tadi berkumpul melakukan acara makan-makan bersama. Mereka akan duduk secara berkelompok sembari menikmati hasil masakan mereka. 

BACA JUGA:6 Suku di Indonesia dengan Tradisi Uniknya, Nomor 6 Pernah Menjadi Sorotan Dunia

Tradisi yang mempererat solidaritas masyarakat Papua

Tradisi Bakar Batu ini sudah berlangsung sejak lama, bahkan dari ratusan tahun lalu hingga saat ini. Tradisi ini menjadi acara yang paling dinanti warga suku-suku pedalaman Papua karena merupakan ajang untuk berkumpul bagi warga.

Karena itu, para warga rela meninggalkan kegiatan berladang demi mengikuti acara ini. Bahkan, mereka bersedia mengeluarkan uang sumbangan dalam jumlah yang besar untuk membiayai pesta Bakar Batu.

Dalam pesta ini, akan terlihat betapa tingginya solidaritas dan kebersamaan masyarakat Papua. Tak jarang juga masyarakat mengajak polisi dan tentara yang bertugas di daerah setempat untuk berbaur bersama mereka dalam tradisi Bakar Batu. 

Demikian informasi mengenai tradisi unik masyarakat Papua memasak dengan Batu Bakar yang masih ada hingga saat ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang senang mengeksplorasi beragam tradisi di Indonesia.***

Sumber: https://youtube.com/shorts/86ialtfpvxi?feature=share