Menarik! 10 Kota Ini Dijuluki sebagai Kota Tersepi di Indonesia

Menarik! 10 Kota Ini Dijuluki sebagai Kota Tersepi di Indonesia

--pinterest.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. Hal itu memang menjadi ciri dari sebuah negara berkembang, seperti Negara Indonesia ini. 

Selain itu, pemerataan penduduk di Indonesia juga masih menjadi masalah. Ada kota dengan penduduk yang sangat banyak dan wilayahnya tidak terlalu luas. Kota itu disebut sebagai kota padat penduduk. 

Adapun ada juga kota dengan penduduk yang sangat sedikit, padahal wilayahnya cukup luas. Kota ini disebut sebagai kota sepi penduduk.

BACA JUGA:Mengungkap 5 Kota Terkaya di Indonesia, Ternyata Jakarta Peringkat Ketiga!

10 Kota Tersepi di Indonesia

Melansir dari kanal youtube Info Unik, berikut 10 kota madya yang menjadi kota tersepi di Indonesia berdasarkan jumlah penduduk per km² atau berdasarkan kepadatan penduduknya.

1.  Jayapura, Papua

Mengisi posisi ke-10 adalah kota yang terletak di ujung timur Indonesia, yaitu Jayapura. Kota ini berada di Provinsi Papua. Luas wilayah kota ini adalah 940 km² dengan jumlah penduduknya sekitar 303.000 jiwa.

Maka, kepadatan penduduk kota Jayapura hanyalah 323 jiwa per km².

2.  Gunungsitoli, Sumatera Utara 

Mengisi posisi ke-9 sebagai kota paling sepi di Indonesia adalah Kota Gunungsitoli. Kota ini memiliki luas wilayah yang terbilang besar, yaitu mencapai 469 km² dengan jumlah penduduknya sekitar 136.000 jiwa.

Maka, kepadatan penduduknya berada di angka sekitar 250 jiwa per km².

3. Sabang, Aceh 

Mengisi posisi ke-8 yaitu kota yang berada di ujung barat Indonesia, Kota Sabang. Kota ini memiliki luas wilayah 153 km² dan ditempati oleh penduduk sekitar 40.000 jiwa.

Maka, kombinasi tersebut menjadikan catatan kepadatan penduduk kota ini relatif kecil, yaitu sekitar 261 jiwa per km².

4. Sungai Penuh, Jambi

Mengisi posisi ke-7 adalah kota di Provinsi Jambi, Kota Sungai Penuh. Kota ini memiliki luas wilayah 391 km² dan terisi oleh sekitar 90.000 jiwa penduduk.

Maka, kepadatan penduduk kota ini juga relatif kecil yaitu sekitar 231 jiwa per km².

5. Sawahlunto, Sumatera Barat 

Mengisi posisi ke-6 sebagai kota paling sepi di Indonesia adalah Kota Sawahlunto. Kota ini memiliki luas wilayah 273 km² dengan jumlah penduduknya hanya sekitar 62.000 penduduk.

Kota Sawahlunto tercatat hanya memiliki kepadatan penduduk sekitar 230 jiwa per km².

6. Pagaralam, Sumatera Selatan

Mengisi posisi ke-5 masih berada di Pulau Sumatera, yaitu kota Pagaralam. Kota ini memiliki kepadatan penduduk sekitar 211 jiwa per km².

Luas wilayahnya tergolong seluas Jakarta, yaitu sekitar 633 km² dengan jumlah penduduk sebanyak sekitar 189.000 jiwa.

7. Dumai, Riau

Mengisi posisi ke-4 adalah kota dengan julukan kota minyak, Kota Dumai. Kota yang juga termasuk kota terkaya di Indonesia ini memiliki luas wilayah sekitar 1.772 km².

Kepadatan  penduduk kota ini adalah sekitar 174 jiwa per km2 dengan jumlah penduduknya sekitar 308.000 jiwa.

BACA JUGA:Dapat Julukan Ibukota Agama, Inilah Kota dengan Mayoritas Penduduk Beragama Kristen di Indonesia

8. Palangkaraya

Mengisi posisi ke-3 sebagai kota paling sepi di Indonesia adalah Kota Palangkaraya. Luas kota ini yaitu sekitar sekitar 2.853 km² dengan jumlah penduduknya adalah sekitar 266.000 jiwa.

Maka jika dikombinasikan, kepadatan penduduk Kota Palangkaraya hanya 93 jiwa per km².

9. Tidore Kepulauan, Maluku Utara

Mengisi posisi ke-2 sebagai kota tersepi di Indonesia diisi oleh Kota Tidore Kepulauan, Provini Maluku Utara. Kota ini memiliki kepadatan penduduk yang terbilang kecil, yaitu hanya sekitar 71 jiwa per km² dengan luas wilayahnya sekitar 1.703 km².

Menariknya, di zaman kolonialisme, kota ini terkenal karena menjadi salah satu tempat asal rempah-rempah terkemuka di Indonesia

10. Subulussalam, Aceh 

Mengisi posisi ke-1 sebagai kota gelar kota tersepi di Indonesia adalah Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Dengan luas wilayahnya yang mencapai 1.391 km², jumlah penduduk kota ini hanya 93.000 jiwa saja.

Maka dari itu, kepadatan penduduknya hanya mencapai sekitar 67 jiwa per km².

Demikian informasi mengenai 10 kota tersepi di Indonesia.***

Sumber: https://youtube.com/@infounik