Pantes Ngomongnya Medok Banget, 3 Orang Asal Jawa Ini Pernah Menjadi Pejabat Besar di Luar Negeri!

Pantes Ngomongnya Medok Banget, 3 Orang Asal Jawa Ini Pernah Menjadi Pejabat Besar di Luar Negeri!

3 Orang Asli Jawa yang Menjadi Pejabat Besar di Luar Negeri-https://youtu.be/Gi5Le1Y5SQE-YtCrahs

Belia diketahui sorang politikus kawakan di negara wilayag Pantai Utara Amerika selatan ini.

Ia mengawali karir sebaga pengawacara yang kemudian bergabung sebentar ke partai demokrasi nasional. Ia kemudian diajak seseorang untuk bergabung partai pandhawa lima, yang banyak mengincar suara dari masyarakat Jawa.

Paul Slamet Somoharjo

Melihat namanya saja kita sudah tahu bahwa ia adalah wong jowo. Pak slamet merupakan politikus berdarah keturunan Indonesia yang legendaris di negara Suriname.

Ia sendiri merupakan mentor dari Raymond Sapoen. Pak slamet pernah menjabat ketua parlemen Suriname tahun 2005 sampai 2010, ini merupakan posisi jabatan politik tertinggi wong jowo pada negara bekas jajahan Belanda itu.

Walaupun Negara Suriname mayoritas penduduknya adalah orang kulit hitam asal afrika, dirinya mampu memperoleh suara mutlak dari warga keturunan jawa yang 15 persen dari mayoritas populasi.

BACA JUGA:Serupa Tapi Beda Negara Berikut 5 Kota Asing yang Mirip Dengan Kota di Indonesia

Suwarto Mustadja

Pria berdarah asli Kebumen Jawa Tengah ini, berasal dari keluarga buruh. Ayahnya lahir di Kalirancang, Kebumen. Kakeknya membawa ayah saya ke Suriname saat berumur 3 tahun, dan akhirnya kakeknya kembali ke Indonesia usai 75 tahun di negara tersebut. Namun ayahnya masih tinggal di Suriname.

Ia merasa kalau desa Kalirancang masih kerabat saya, belia juga merasa bahwa Indonesia masih kedalam keluarganya.

Sejak lulus dari SMA belia melanjutkan kuliah di Universitas Amsterdam belanda dan mengambil jurusan Antropologi Budaya. Beliau sendiri masuk ke jurusan politik secara tidak sengaja.

Suwarto memulai karir sebagai jurnalis saat bekerja di Kementrian sosial dan perumahaan rakyat. Karena pekerjaan yang dilakukannya sangat bagus iapun di angkat menjadi menteri sosial.

Nah itulah di beberapa orang jawa yang menjabat di luar negeri, apakah salah satu nama mereka tidak asing bagi kamu?. 

Demikian informasi pada artikel ini, semoga informasi yang diberikan dapar bermanfaat.***

Sumber: https://youtu.be/gi5le1y5sqe