Kian Parah, Wahana OW Purin Kabupaten Tegal Mendapat Sorotan dari Pimpinan DPR

Kian Parah, Wahana OW Purin Kabupaten Tegal Mendapat Sorotan dari Pimpinan DPR

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi Gerindra Rudi Indrayani. -YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID – Fasilitas wahana di Obyek Wisata Purwahamba Indah (Purin) Suradadi Kabupaten Tegal kondisinya semakin parah. Hal itu menjadi sorotan Pimpinan DPRD Kabupaten Tegal Rudi Indrayani.

Menurut wakil rakyat yang berdomisili di Desa Sidaharja Kecamatan Suradadi ini, sebenarnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Purin mengalami peningkatan yang sangat signifikan di tahun 2022 lalu. Yakni tembus hingga lebih dari 200 persen dari target sekitar Rp108 juta.

Namun sayangnya, wahana di kawasan obyek wisata tersebut sangat minim. Bahkan, dalam tiga tahun terakhir tidak pernah ada anggaran penambahan wahana. 

"Termasuk wahana anjungan yang sudah rusak juga tidak dianggarkan lagi. Tapi jumlah pengunjungnya tetap banyak,” kata Rudi Indrayani yang saat ini menjabat wakil ketua DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi Gerindra.

Menurutnya, kendati dermaga atau anjungan yang menjadi icon OW Purin sudah dibongkar, jumlah pengunjung tidak berkurang. Alhasil, PAD Purin mengalami peningkatan.

BACA JUGA:Abrasi Pantura Tegal Semakin Parah, Hancurkan Fasilitas Purin dan Rusak Rumah Warga

Mestinya, ada perhatian khusus untuk obyek wisata tersebut karena sudah menopang PAD yang cukup tinggi.

“Purin masih menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Kabupaten Tegal dan luar daerah,” ujarnya. 

Rudi sangat menyayangkan potensi itu belum dikembangkan secara maksimal. Sejak tiga tahun terakhir, Purin tidak mendapat anggaran untuk perbaikan.

Kondisi itu juga terjadi di tahun 2023 ini, di mana tidak ada anggaran pembenahan untuk Purin.

“Harapan kami, dermaga dibangun kembali karena itu salah satu icon Purin. Selain itu, ada track untuk lari, mainan anak-anak, perbaikan jalan dan tempat parkir,” kata Rudi mengusulkan. *** 

Sumber: