Libur Idul Adha 2023 Bakal Berlangsung 2 Hari? Pemerintah Beri Lampu Hijau

Libur Idul Adha 2023 Bakal Berlangsung 2 Hari? Pemerintah Beri Lampu Hijau

--

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Keinginan sebagian umat muslim untuk menambah libur Idul Adha 2023 selama dua hari nampaknya bakal terwujud. Pemerintah memberi lampu hijau atas usulan tersebut. 

Meski belum menetapkan waktu pelaksanaan Idul Adha versi pemerintah, sinyal libur Lebaran bakal dua hari sudah muncul. Pemerintah sendiri akan menetapkan Idul Adha 2023 setelah menggelar sidang isbat seperti biasanya. 

Sinyal libur Lebaran Idul Adha bakal dua hari disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas. Menurutnya, pemerintah berencana menambah libur Idul Adha menjadi dua hari, yakni pada 28-29 Juni 2023.

"Kami bersama-sama telah mencari solusi terbaik untuk libur Hari Raya Iduladha bagi seluruh masyarakat, sehingga semuanya bisa berjalan baik, termasuk bagi para aparatur sipil negara (ASN)," ujarnya dikutip Sabtu, 17 Juni 2023.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Harga Cabai di Tegal Naik dan Daging Sapi Turun

Menurutnya, opsi itu muncul dalam pembahasan bersama empat menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju, yakni Menpan RB Azwar Anas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

"Kemarin sudah kita bahas, kita kaji bareng dalam rapat tingkat menteri di kantornya Pak Pratikno (Menteri Sekretaris Negara). Hasilnya masih menunggu arahan dan kebijakan Bapak Presiden Jokowi," ujar Anas.

Saat ini, pemerintah belum menetapkan waktu pelaksanaan Idul Adha lantaran baru akan menggelar Sidang Isbat pada 18 Juni 2023. Bersama Nahdlatul Ulama (NU), pemerintah belum menetapkan tanggal berapa Idul Adha 2023.

Sebelum penetapan, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar rukyatul hilal awal Zulhijah di 99 titik di Indonesia. Hasil rukyatul hilal merupakan sebagai salah satu rujukan dalam penetapan waktu Idul Adha 1444 H.

Setelah itu, Kemenag akan menggelar sidang isbat penentuan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada Minggu, 18 Juni 2023 di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta.

"Sidang isbat awal Zulhijah akan dilaksanakan Minggu, 18 Juni 2023, atau bertepatan dengan tanggal 29 Zulkaidah," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib.

Di sisi lain, Muhammadiyah sudah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada pada 28 Juni 2023.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023. Ketetapan itu berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Brebes Bocorkan 7 Hal Penting soal Hewan Kurban

Sumber: