Tembus Rp38 Ribu per Kilogram, Harga Bawang Putih di Bumiayu Brebes Merangkak Naik

Tembus Rp38 Ribu per Kilogram, Harga Bawang Putih di Bumiayu Brebes Merangkak Naik

Bawang Putih--

BUMIAYU, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Tembus Rp38 ribu per kilogram, harga bawang putih di Bumiayu, Brebes merangkak naik. Hal ini terjadi di pasar tradisional Bumiayu menjelang momen Idul Adha

"Sudah ada satu minggu mulai naik, tidak langsung tinggi tapi bertahap sampai hari ini," ungkap Sutinah, pedagang pasar Bumiayu, Minggu, 11 Juni 2023.

Kenaikan harga salah satu komoditas ini, sudah terjadi lebih dari satu pekan terakhir. Di Pasar Bumiayu, para pedagang eceran menjual bawang putih seharga Rp38 ribu. 

Padahal satu minggu sebelumnya, bumbu dapur ini masih seharga Rp24 ribu per kilogram. Selain bawang putih, lanjut dia, kenaikan harga biasanya akan diikuti barang kebutuhan pokok lainnya. Seperti bawang merah yang juga mengalami kenaikan dari Rp28 ribu perkilogram menjadi Rp38 ribu perkilogram.

"Kondisi ini perlu diimbangi dengan ketersediaan stok barang, sehingga tidak terjadi lonjakan harga yang sangat tinggi," terangnya.

BACA JUGA:Miris! Kesulitan Air, Petani Bawang Merah di Brebes Sampai Sedot Air Comberan

Menurut dia, kenaikan harga bawang putih ini diduga karena meningkatnya kebutuhan warga menjelang datangnya Idul Adha. Kondisi ini kerap terjadi setiap tahun, saat momen-momen hari besar dan akhir tahun.

"Terlebih kemarin juga banyak warga yang menggelar hajatan, sehingga kebutuhan pasokan semakin tinggi sementara stok mungkin terbatas," imbuhnya.

Akibat harga bawang mengalami kenaikan, jumlah pembeli pun akhirnya merosot. Karena banyak yang mengurangi pengeluarannya untuk berbelanja.

"Lebih baik harga stabil, pembeli bisa membeli kebutuhan lebih banyak. Daripada harga naik seperti sekarang, maka pembeli menguranginya dengan alasan lebih irit," keluh Reza.

Meski harga bawang putih diketahui mengalami kenaikan, ketersediaan di sejumlah lapak pedagang masih terbilang memadai. 

"Semoga saja kondisinya tetap seperti ini," harapnya.

BACA JUGA:Curi Motor Petani Bawang di Brebes, Pria Ini Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Kepala Pasar Bumiayu Hari Sudarsono membenarkan kondisi tersebut. Dikatakan, kondisi kenaikan harga seperti yang berlangsung saat ini, biasa terjadi seiring dengan datangnya Idul Adha.

Sumber: