Selangkah Lagi Sampai Candi Borobudur, Biksu Thudong Sudah Tiba di Magelang

Selangkah Lagi Sampai Candi Borobudur, Biksu Thudong Sudah Tiba di Magelang

Salah satu biksu thudong melambaikan tangan ke kamera saat sudah memasuki wilayah Magelang.-Facebook YBAI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Langkah para biksu thudong menuju Candi Borobudur nampaknya kian dekat. Kini rombongan biksu Thailand, Malaysia dan Indonesia itu sudah tiba di Magelang.

Beberapa potret para biksu saat memasuki wilayah itu tertangkap kamera dan diunduh akun Facebook Young Buddhist Association of Indonesia kurang dari sejam yang lalu. Potret tersebut menunjukkan para biksu dalam pengawalan Banser dan aparat serta sejumlah anggota masyarakat lainnya.

Dalam sebuah potret, tampak seorang biksu melambaikan tangan ke kamera. Sambil membawa botol berisi air mineral, sang biksu tetap berusaha tersenyum meski tampak kelelahan.

Di potret lain, tampak seorang biksu berjalan sambil menutupi wajahnya dengan kipas. Nampaknya, dia berusaha menghalau sinar matahari yang masih cukup terik. 

Dari keterangan di akun media sosial tersebut, foto-foto para biksu memasuki Magelang diambil saat mereka berada di Muntilan. Hasil jepretan kamera tersebut menunjukkan jika mereka di Muntilan pada siang atau menjelang sore hari.

BACA JUGA:Rata-rata Belum Pernah ke Indonesia, Biksu Thudong Sebelumnya Tidak Tahu Borobudur

Sementara itu, Serma Supardi, Babinsa Koramil 08/Bojong Kodim 0710/Pekalongan hari ini mendapatkan penghargaan dari Dandim 0710/Pekalongan Letkol Infantri Rizky Aditya.

Penghargaan diberikan karena Serma Supardi bersama anggota lainnya telah sukses mengawal 32 Biksu dari Thailand, Malaysia, dan Indonesia yang melakukan Thudong ke Candi Borobudur, ketika rombongan Biksu Thudong tadi memasuki Pekalongan, pada Kamis siang, 25 Mei 2023.

Tidak hanya sukses. Aksi Serma Supardi saat mengawal para biksu atau bhikkhu ketika sampai di pantura Pekalongan itu viral di media sosial. Sebab, selain mengawal dengan ikut berjalan kaki, dia juga menyemangati para biksu tersebut dengan menyanyikan Mars Long March TNI AD.

Mendengar nyanyian penyemangat dari anggota Babinsa itu, para biksu tampak tersenyum lebar. Video Babinsa kawal 32 Biksu Thudong dan beri semangat dengan nyanyian Long March TNI tersebut viral.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh Young Buddhist Association (YBA) of Indonesia di akun Instagram @youngbuddhistassociation.

Sampai Selasa, 30 Mei 2023, video unggahan tersebut telah diputar lebih dari 113 ribu kali, dan disukai oleh 8.465 pengguna Instagram.

BACA JUGA:Biksu Thailand Bawa 3 Bendera saat Ritual Thudong, Ternyata Ini Maknanya

Menyertai unggahan video tersebut, @youngbuddhistassociation menuliskan narasi: “Bapak Babinsa TNI mencoba memberikan semangat para Bhikkhu dengan nyanyian yang biasa dinyanyikan oleh para prajurit ketika sedang latihan berjalan dengan berbaris.”

Sumber: