Rata-rata Belum Pernah ke Indonesia, Biksu Thudong Sebelumnya Tidak Tahu Borobudur

Rata-rata Belum Pernah ke Indonesia, Biksu Thudong Sebelumnya Tidak Tahu Borobudur

--

SEMARANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Setelah melakukan ritual thudong atau berjalan kaki dari Thailand sejak 23 Maret 2023, para biksu thudong dipastikan akan segera sampai di Magelang. Namun, siapa sangka, rata-rata biksu yang mengikuti ritual thudong ternyata mengaku belum pernah ke Indonesia.

“Semuanya rata-rata belum pernah. Tidak tahu Indonesia seperti apa, termasuk Borobudur juga tidak tahu,” jelas Banthe Wawan, biksu asal Cirebon, Jawa Barat yang sudah 6 tahun ini tinggal di Thailand.

Banthe Wawan atau Kanthadammo menjelaskan, para biksu yang berasal dari Thailand dan Malaysia itu, hanya ada satu orang yang pernah ke Indonesia.

Biksu itu datang ke Indonesia untuk merayakan waisak sebelum ritual thudong ini. Sementara, yang lainnya belum pernah.

Sebanyak 32 biksu, yang berasal dari Thailand, Malaysia, dan Indonesia ini telah melakukan ritual thudong dengan berjalan kaki sejak 23 Maret lalu.

Mereka melaksanakan ritual jalan kaki dari Provinsi Nakhon Sri Thammarat, Thailand ini telah tiba di Kota Semarang sejak Minggu, 28 Mei 2023 pagi. 

Mereka bermalam di Kota Semarang, tepatnya di Vihara Adi Dharma, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang, yang menjadi tujuan akhir perjalanan. 

BACA JUGA:Mengejutkan! Biksu Thudong Minta Ini saat Disapa Ganjar di Kabupaten Semarang

Rombongan tiba di Vihara Adi Dharma, di Jalan Widoharjo Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Semarang Timur, pada Minggu, 28 Mei 2023 sore.

Mereka disambut warga Semarang dengan penuh antusias. Setelah sejenak beristirahat, mereka mengikuti acara pemberkatan yang juga diikuti oleh umat Buddha di Kota Semarang.

Mengutip dari web resmi Pemprov Jateng, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan, perjalanan para banthe akan semakin penuh tantangan.

Hal ini karena medan jalan mulai Semarang hingga ke Magelang akan terus naik. Karenanya, dia berharap, para banthe ini mendapat kesehatan selama menjalani ritual thudong ke Candi Borobudur.

“Kami menyambut rombongan Banthe Tudhong, walaupun berjalan berhari-hari. Ada panas hujan, siang malam, tapi alhamdulillah tetap sehat. Kami atas nama Pemerintah Kota Semarang dan mewakili masyarakat Kota Semarang, mengucapkan selamat datang. Dan semoga para banthe dalam keadaan sehat dan selamat sampai Borobudur,” ungkap Ita, sapaan akrabnya.

Setelah bermalam di Vihara Adi Dharma Kota Semarang, rombongan Biksu Thudong tiba di Ambarawa, Senin, 29 Mei 2023, sekitar pukul 18.30 WIB.

Sumber: