Kasri dan Burak Rantak Jadi Jawara Lagu Tegalan, Bonas Menyusul di Belakang

Kasri dan Burak Rantak Jadi Jawara Lagu Tegalan, Bonas Menyusul di Belakang

PENGHARGAAN - Para peserta lomba menyanyi lagu Tegalan saat menerima penghargaan dari panitia, Jumat, 26 Mei 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Lagu berjudul Kasri dan Burak Rantak berhasil menjadi jawara Lagu Tegalan di Hari Jadi ke-422 Kabupaten Tegal, Jumat, 26, Mei 2023 malam.

Kedua lagu yang dinyanyikan Faisal dan Ali itu masing-masing menjadi Juara 1 dan 2 dalam even tersebut. Sementara DKata Harmoni dengan lagu Bonas menyusul di belakangnya dengan menjadi juara 3. 

Selain ketiganya, peserta yang masuk final di even tersebut di antaranya Tirta dengan lagu Rastimah, Krisna - Galawi, KATAR MEJA - Aja Ngosi, Heri - Bekas Bojo, SILVIANI - Tukang Tukang, Sigit - Slawi Ngangeni dan Ekky Lasika - Pondok Maratua. 

Ke 10 finalis lomba Nembang atau Menyanyi Lagu Tegalan itu adu kepiawaian di ajang Slawi Ageng Expo 2023. Lomba yang digelar Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT) ini merupakan rangkaian perayaan Hari Jadi ke-422 Kabupaten Tegal. 

Para finalis ini menyanyikan lagu Tegalan, baik ciptaan sendiri maupun lagu populer dengan berbagai genre di atas panggung utama di lapangan Pemkab Tegal.

BACA JUGA:Bawa 8 Lagu, Padi Reborn Hipnotis Ribuan Penonton di Slawi

Final Lomba Nembang Lagu Tegalan berlangsung cukup meriah dengan kehadiran MC Jono, artis Ojek Pengkolan dan bintang tamu Jaka Nyong.

Penampilan peserta dalam membawakan lagu Tegalan dinilai oleh tiga dewan juri dari DKKT, yakni Imam Joend, Junaedi dan Bambang.

Ikut hadir menyaksikan secara langsung Bupati Tegal Umi Azizah yang didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Pemuda dan Pariwisata (Porapar) Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni.

Menurut Uwes Qoroni, perkembangan musik dan lagu Tegalan semakin baik dengan munculnya penyanyi-penyanyi baru, terutama dari kalangan anak muda.

Bahkan, dalam waktu dekat lagu Tegalan akan dipopulerkan lewat pemutaran di ruang publik dan tempat wisata.

''Saya juga sudah diminta oleh pihak PT KAI untuk bisa merekomendasikan lagu Tegalan yang bisa diputar di stasiun agar lebih dikenal masyarakat,'' kata Uwes.

BACA JUGA:Biksu Thudong Hampir Tiba di Borobudur, Liong Hok Bio Magelang Bakal Jadi Tempat Istirahat

Hal tersebut mendapat tanggapan yang positif dari Imam Joend yang juga pencipta sekaligus penyanyi lagu-lagu Tegalan.

Sumber: