Tegal Mendapat Julukan Jepangnya Indonesia, Bank Indonesia Ungkap Alasannya

Tegal Mendapat Julukan Jepangnya Indonesia, Bank Indonesia Ungkap Alasannya

BI TEGAL - Penandatanganan MoU Business Matching yang digelar BI Tegal dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal, Jumat, 26 Mei 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

Pada 10 Mei 2023 lalu, PT Super Steel Karawang bersinergi dengan Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Kabupaten Tegal. BI Tegal telah menjembatani perluasan akses pembiayaan UMKM melalui business matching dengan lembaga pembiayaan terkait.

"Seperti Perbankan dan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi dari Kemenkop UKM,'' sambungnya.

BACA JUGA:Gara-gara Tungku Kayu, Rumah Warga di Kabupaten Tegal Ludes Terbakar

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah menyatakan sangat mendukung dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan Semarak UMKM Pantura ini untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan pengembangan ekonomi hijau sebagai platform pembangunan berkelanjutan.

''Terlebih di dalamnya ada kegiatan talkshow, penandatangan MoU bussines meeting, showcasing produk UMKM, edukasi keuangan inklusif, dan lain sebagainya,'' kata Umi.

Terkait dengan Transformasi UMKM Sektor Manufaktur Tegal Menuju UMKM Hijau, bupati mengaku juga sangat mendukung kebijakan tersebut.

Terlebih jika melihat dampak perubahan iklim yang semakin nyata yang itu dapat mengancam keberadaan sektor industri Kabupaten Tegal yang saat ini banyak terkonsentrasi di wilayah Pantura, dari mulai Kramat, Suradadi, hingga Warureja.

Termasuk LIK Takaru yang berada di wilayah pesisir kerap dilanda air rob. Bencana ini sulit dikendalikan.

"Karena pemanasan global dan eksplorasi air bawah tanah yang berlebihan tidak bisa kita kendalikan,'' tutupnya. ***

Sumber: