Dibayar Rp35 Ribu per Kegiatan, Habib Ali Prihatin Honor Linmas Minim

Dibayar Rp35 Ribu per Kegiatan, Habib Ali Prihatin Honor Linmas Minim

SAMPAIKAN PANDANGAN - Wakil Ketua DPRD Kota Tegal dari Fraksi PKB Habib Ali Zaenal Abidin menyampaikan pandangan. -K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Dibayar Rp35 ribu per kegiatan, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal dari Fraksi PKB Habib Ali Zaenal Abidin mengaku prihatin honor petugas perlindungan masyarakat (Linmas) di Kota Tegal minim. 

Padahal, peran petugas Linmas sangat penting untuk kehidupan masyarakat. Baik dalam membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, juga membantu kegiatan sosial kemasyarakatan. 

Selain itu, membantu penanganan ketenteraman, membantu upaya pertahanan negara, serta membantu penanggulangan bencana. 

“Kami miris. Honor petugas Linmas per kegiatan Rp35 ribu. Padahal tenaga mereka luar biasa. Tapi honor Linmas minim,” kata Habib Ali di Komplek Gedung Parlemen, Jalan Pemuda dikutip Sabtu, 27 Mei 2023.

Habib menegaskan akan terus memperjuangkan peningkatan kesejahteraan petugas Linmas dalam penganggaran 2024. Selain itu, mendorong agar petugas Linmas bisa mendapatkan bantuan sembako pada momen Ramadan.

“Saat Ramadan pemberian sembako agar ada anggarannya. Sementara ini hanya tenaga kebersihan,” ucap Habib Ali.

Menurutnya, peran petugas Linmas sangat penting untuk kehidupan masyarakat. Baik dalam membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, juga membantu kegiatan sosial kemasyarakatan. 

Selain itu, membantu penanganan ketenteraman, membantu upaya pertahanan negara, serta membantu penanggulangan bencana.

Saat ini, usulan yang tereliasasi penganggaran untuk petugas Linmas adalah seragam. Habib Ali mengusulkan agar petugas Linmas di kelurahan dan kecamatan mendapatkan honor lebih layak dan rutin setiap bulan.

“Kami mengharapkan mendapatkan rutin setiap bulan. Untuk memberdayakan mereka. Sementara ini bersifat relawan,” terang Habib Ali. ***

Sumber: