Komplotan Pelaku Ganjal ATM Dibekuk Polisi, di Songgom Sempat Kuras Rekening Rp8 Juta

Komplotan Pelaku Ganjal ATM Dibekuk Polisi, di Songgom Sempat Kuras Rekening Rp8 Juta

RILIS - Polres Brebes merilis empat pelaku pembobol ATM dengan cara mengganjalnya dengan tusuk gigi, Kamis 25 Mei 2023, di Halaman Satreskrim Polres Brebes.--dedy sulastro/radartegal.disway.id

BREBES, radartegal.disway.id - Empat pelaku pembobol ATM berhasil dibekuk Polres Brebes, Kamis 25 Mei 2023. Keempat pelaku pencurian itu melakukannya dengan cara mengganjal ATM dengan tusuk gigi.

Mereka adalah komplotan pencuri dengan spesialisasi ganjal ATM lintas provinsi. Dari pengakuan keempatnya, mereka sudah beraksi di Brebes, Jawa Tengah, dan Surabaya, Jawa Timur.

Identitas keempat masing-masing HS (44), AS (34), dan A (37). Ketiganya merupakan warga Provinsi Lampung. Sedangkan S (46), berasal dari Provinsi Banten.

Saat beraksi di Brebes, para pelaku melakukan kejahatannya di beberapa titik. Misalnya di Kecamatan Songgom, para pelaku berhasil menguras saldo tabungan korbannya hingga Rp8 juta.

"Modus para pelaku dilakukan dengan mengganjal ATM memakai tusuk gigi," kata Kapolres Brebes AKBP Guntur M. Tariq.

Modus ganjal ATM

Kapolres menjelaskan, setelah berhasil mengganjal ATM korbannya, empat pelaku pembobol ATM tersebut langsung menguras uang para korbannya. Caranya dengan menguras rekening milik korban yang pelaku debet.

"Untuk kejadian di wilayah Kecamatan Songgom total saldo di rekening sejumlah Rp8 Juta lebih," jelasnya.

Kapolres meminta masyarakat selalu waspada saat melakukan transaksi menggunakan ATM. Pastikan kondisi ATM sesuai dengan prosedur.

Kemudian cek dan ricek kembali kondisi mesin ATM maupun CCTV di sekitar lokasi. Jika perlu, pinta Kapolres, gunakan mesin ATM yang ada sekuritinya.

Empat pelaku pembobol ATM berbagi peranan

Kasat Reskrim AKP I Dewa Gede Ditya Krishnanda menjelaskan para pelaku ini beraksi dengan berpura-pura ingin membantu. Mereka menawarkan solusi pengambilan uang di mesin ATM yang macet.

“Keempat pelaku mempunyai peranan masing-masing. Ada yang mengganjal mesin ATM, kemudian ada yang menawarkan bantuan. Ada pula yang menghafal PIN ATM calon korbannya,” jelasnya.

Kasatreskrim melanjutkan korban yang melakukan transaksi di ATM tidak menyadari, jika kartu ATM-nya sudah pelaku tukar. Yaitu dengan kartu ATM berjenis yang sama.

Sumber: