Dengar Cerita 4 Punggawa Timnas U 22 Peraih Emas Sea Games 2023, Ganjar Terharu

Dengar Cerita 4 Punggawa Timnas U 22 Peraih Emas Sea Games 2023, Ganjar Terharu

Dengar Cerita 4 Punggawa Timnas U 22 Peraih Emas Sea Games 2023, Ganjar Terharu.--

BACA JUGA:Nangis-nangis, Pengeroyok Manajer Timnas Indonesia Sumardji Akhirnya Minta Maaf

"Saya langsung lari ambil handphone untuk telepon ibu. Kebetulan orangtua sedang umrah. Saya bilang 'Bu, saya juara' dan beliau langsung bersyukur di depan Kabah," ujar Ernando Ari yang saat itu mengawal gawang Indonesia di partai final.

Selain itu, Ganjar juga mendapatkan cerita dari Rio Fahmi yang dulu setelah lulus SMA pada tahun 2017 kerja di konter handphone. Ia kerja selama setahun sebelum akhirnya mendapat kesempatan untuk seleksi di Jakarta. 

Seleksi itu didapat atas dukungan dari pelatih semasa kecilnya di Banjarnegara. 

Ganjar yang mendengarkan cerita dari para pemain timnas, mengaku terharu dan bangga. Ternyata, di balik prestasi yang diperoleh ada dukungan dari keluarga, orang terdekat, dan perjuangan berlatih sejak usia dini.

BACA JUGA:Warganet Tolak Ucapan Selamat Timnas Thailand, Buntut Pemukulan Sumardji

"Betapa mereka perjuangannya dahsyat. Mereka sejak kecil sudah berlatih, rata-rata kelas 1 atau 2 SD mereka sudah masuk ke SSB. Artinya perjuangannya sangat panjang. Makanya tadi kita omongkan di luar teknis sepak bola, saya tanya siapa orang pertama yang kamu hubungi, ternyata semua mengatakan ibu. Hebat sekali," ujar Ganjar. 

Ganjar menambahkan, dari cerita para pemain Timnas Indonesia U-22, diketahui di balik kesuksesan anak-anak hebat, selalu ada dukungan banyak pihak, khususnya keluarga.

"Bahkan tadi ada yang sampai lari ambil handphone setelah mau selebrasi telepon ibunya, luar biasa," kata Ganjar.

Ganjar menambahkan selain para pemain Timnas U-22 itu banyak juga atlet dari Jawa Tengah yang menyumbangkan medali emas pada ajang Sea Games 2023 lalu. Setidaknya, ada sekitar 40 medali yang disumbangkan atlet dari Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Berharap Tanda Tangan, Warga Lempari Baju ke Pemain Timnas U-22 SEA Games 2023

"Artinya ada harapan masa depan yang pemerintah musti siapkan. Beberapa di antaranya tadi pengen jadi PNS. Maka penting kemudian kita memberikan semacam reward hadiah kepada mereka. Penghargaan dan penghormatan kepada mereka untuk mendapatkan profesi yang baik untuk masa depan," katanya. 

Penghargaan itu akan menginspirasi atlet lain agar memiliki motivasi untuk berprestasi. Juga menginspirasi agar kelak memiliki mental juara seperti detik-detik mengahadapi final Sea Games lalu.

"Ternyata mereka saling menguatkan, psikolognya hebat, pelatihnya juga hebat, dan sampai kemudian juara. Tentu masih akan ada harapan berikutnya mereka ingin melakukan selebrasi untuk juara-juara berikutnya. Tapi, masa depan mereka juga harus kita perhatikan sehingga ini akan menginspirasi yang lain untuk seperti mereka," ungkap Ganjar. *

Sumber: