Hindari Kemacetan Arus Mudik 2023, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Trouble Spot Banjaran Tegal

Hindari Kemacetan Arus Mudik 2023, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Trouble Spot Banjaran Tegal

Polres Tegal berasama instansi samping matangkan rekayasa lalin di lintasan jalur satu Banjaran.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Upaya menimimaisir kemacematan panjang dilintas jalan nasional jalur 1 Banjaran saat arus mudik 2023, Polres Tegal mengundang instansi terkait untuk membahas troble spot dilintasan tersebut. 

Bertempat di ruang SSB Mapolres Tegal, Kabag Ops Polres Tegal Kompol Sardoyo memimpin langsung kegiatan FGD yang turut dihadiri Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Satpol PP, dan Dinas PUPR.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kabag Ops didampingi Kasat Lantas AKP Erwin Chan Siregar SH SIK MH menyatakan, dalam kesempatan ini Dinas PUPR menyampaikan bahwa perbaikan di jalur Jalan Kabupaten Tegal dipastikan akan rampung pada H-7 lebaran. Dan jalur siap untuk digunakan.

"Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur 1 Banjaran, kami dan Dinas Perhubungan akan memberikan sosialisasi kepada pengelola rumah makan agar aktifitas parkir dilaksanakan dengan tidak menghambat arus lalu lintas," ujarnya Selasa 4 April 2023. Selebihnya akan dilakukan penertiban PKL agar tidak berjualan di bahu jalan sepanjang jalan Banjaran hingga Kawedanan.

BACA JUGA:Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Pemkab Tegal Gelontorkan 60,7 Miliar untuk Perbaikan Jalan Rusak

"Nantinya Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan bersama Satpol PP akan melaksanakan kegiatan patroli penertiban PKL sebelum gelombang arus mudik tiba," cetusnya. 

Pihaknya menyatakan, pada saat arus padat, rekayasa yang akan dilaksanakan, yaitu untuk KBM dari arah selatan di Langon Timur dialihkan ke kiri.

Kemudian, dari Langon Barat menuju jalur 2, arus dari arah Pegirikan dialihkan ke kiri diarahkan ke Abadi ke jalur 2 depan 407. Dan tidak ada KBM yang lewat depan Banjaran - Central.

BACA JUGA:Minimalisir Aksi Premanisme, Polres Tegal Massifkan Patroli 3 Pilar

"Nantinya juga akan dilakukan pemasangan rambu larangan parkir di bahu jalan tepatnya di WM Cempe Lemu selatan pos exit toll Adiwerna sampai Banjaran. Dan disetiap penggal jalan, akan dipasang rambu petunjuk jalan agar mempermudah pemudik dari luar kota. Untuk kanalisasi tetap kita terapkan di tugu botol, untuk arus dari Pegirikan dialihkan ke kiri semua," ungkapnya. *

Sumber: