Masuk Pemukiman, Ular Sanca Sepanjang 4 Meter Ditangkap Warga Tlagasana Pemalang

Masuk Pemukiman, Ular Sanca Sepanjang 4 Meter Ditangkap Warga Tlagasana Pemalang

Kepala Desa Tlagasana dibantu perangkat menangkap ular sanca di kandang ayam warga.-M Ridwan-

WATUKUMPUL, RADARTEGAL.COM - Ular Sanca sepanjang 4 meter dengan diameter di bagian perut sekitar 40 cm ditangkap warga. 

Ular Pithon itu ditangkap setelah diketahui memangsa seekor ayam di kandang ayam milik warga di Desa Tlagasana Kecamatan Watukumpul, Pemalang, Senin 27 Februari 2023 sekitar pukul 09.00 WIB.

Kepala Desa (Kades) Tlagasana Kecamatan Watukumpul Ridwan menyebut, ular pertama kali diketahui oleh warga masuk ke kandang ayam. 

Tidak lama kemudian ular tersebut memakan ayam yang ada di sekitar kandang. 

BACA JUGA:Meresahkan Puluhan PGOT Diciduk Satpol PP Kabupaten Tegal

Melihat ada ular yang dishare di group WhatsApp warga, akhirnya dirinya meminta agar ular itu jangan dibunuh, menunggu dirinya datang.

"Saya langsung ke lokasi bersama perangkat, dan dengan bantuan tambang akhirnya ular dapat ditangkap," ujarnya, kepada Radar Tegal.

Ridwan mengatakan, proses evakuasi atau penangkapan ular berlangsung cukup lama. Hal itu dikarenakan kepala ular tidak diam atau bergerak-gerak terus. Namun setelah kurang lebih setengah jam lamanya, ular dapat ditangkap dengan bantuan warga.

"Ular kami tangkap hidup-hidup untuk kami pelihara," kata dia.

BACA JUGA:Pemkab Pemalang Dinilai Berhasil Tangani Stunting, Ini Kata Plt Bupati

Selanjutnya, kata Ridwan, ular akan dibuatkan kandang menggunakan besi dan dipelihara untuk tontonan. Rencananya ular tersebut juga akan ditempatkan di lokasi wisata Tsamara Garden di desanya.

"Sebagai daya tarik pengunjung yang datang ke lokasi wisata itu," terangnya.

Baginnya, penangkapan ular dengan ukuran besar dan panjang tersebut bukan kali pertama ia lakukan. Sebelumnya juga pernah menangkap ular dengan ukuran besar.  

Kepada warga dihimbau agar selalu berhati-hati, sebab dari laporan yang diterimanya, sudah ada beberapa yang melaporkan adanya ular besar yang berada di sekitar desanya.

Sumber: