Pemkab Pemalang Dinilai Berhasil Tangani Stunting, Ini Kata Plt Bupati

Pemkab Pemalang Dinilai Berhasil Tangani Stunting, Ini Kata Plt Bupati

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat menjelaskan soal keberhasilan dalam penanganan stunting di daerahnya.-Agus Pratikno-

PEMALANG, RADARTEGAL.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang dinilai telah berhasil menangani stunting di daerahnya.

Hal itu, diungkapkan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat kepada awak media di rumah dinasnya saat dimintai tanggapan soal keberhasilan Kabupaten Pemalang dalam penanganan stunting.

Plt Bupati Mansur lebih lanjut mengatakan, stunting adalah program yang harus betul-betul ditangani secara serius. 

Sebab jika tidak, bagaimana masa depan bangsa Indonesia ini, ketika anak yang dilahirkan secara IQ dibawah rata-rata. 

BACA JUGA:Angka Stunting Kabupaten Tegal Turun, DPRD Acungi Jempol

"Kalau terjadi semacam itu, bagaimana nasib bangsa Indonesia. Ketika masalah stunting tidak ditangani. Makanya menurut saya stunting ini, program yang harus dan harus kita tangani dengan serius. Karena ini menyangkut masa depan bangsa kita," katanya.

Mansur mengakui berbagai program yang dicanangkan dan yang sudah dilaksanakan untuk menangani masalah stunting, belum sebegitu bagus. 

Namun demikian ada hasil yang bisa dirasakan bersama. Dia sangat bersyukur, karena berbagai upaya yang telah dilakukan cukup berhasil.

Jika ada daerah lain yang akan melakukan studi banding di Kabupaten Pemalang, mungkin karena programnya dinilai cukup berhasil dalam penanganan stunting. 

BACA JUGA:Belum Puas Stunting di Jateng Berkurang hingga 51 Persen Dalam Empat Tahun, Ganjar akan Lakukan Ini

Oleh karenanya, Mansur sangat bersyukur sudah ada pengakuan dan penilaian dalam mengatasi masalah stunting.

"Program penanganan stunting, masih ada yang lebih bagus jika dibandingkan dengan Kabupaten Pemalang. Namun jika ada daerah lain yang akan studi banding, mungkin karena Kabupaten Pemalang dinilai telah berhasil," jelasnya.

Diakui, keberhasilan itu berkat arahan dan  petunjuk dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kemudian Pemerintah Kabupaten Pemalang menangkapnya untuk ditindaklanjuti bagaimana aplikasinya melalui berbagai program yang ada.

BACA JUGA:DPRD Jateng Minta Pemprov Bantu Percepat Penurunan Stunting di Kabupaten Tegal

Sumber: