Pencegahan Stunting, Ganjar Pranowo Minta Daerah Lain Contoh Program Kancing Merah Cilacap

Pencegahan Stunting, Ganjar Pranowo Minta Daerah Lain Contoh Program Kancing Merah Cilacap

Pencegahan Stunting, Ganjar Pranowo Minta Daerah Lain Contoh Program Kancing Merah Cilacap.--

BACA JUGA:5 Pejabat Polres Tegal Dirotasi, 3 Diantaranya Jabatan Kapolsek

"Sebetulnya kalau seluruh kabupaten/ kota bisa melakukan hal ini bersama. Tinggal bagaimana komitmen kita semua, dan memang dalam program ini ada aplikasi. Supaya tercatat semuanya dan rutin dimonitor. Karena kalau tidak dimonitor, hilang," ujarnya yang juga Kepala Dinkes Jateng ini. 

Kepala Dinkes Cilacap dr Pramesti Griana Dewi menambahkan, sebelum ada program Kancing Merah, penanganan stunting memang sudah dilakukan. Termasuk juga kegiatan PMT, tapi sifatnya masih terbatas pada kelompok tertentu, sehingga belum masif ke seluruh balita di kabupaten. 

"Sedangkan untuk kegiatan yang dilakukan ini masif, kepada semua balita yang masuk pada potensi stunting sebanyak 4.494 balita. Waktunya sudah ditetapkan bupati selama 90 hari," kata Pramesti di Cilacap.

Warga Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Retno mengatakan, program Kancing Merah sangat bermanfaat, seperti halnya PMT. Sebab, kini anaknya sudah lahap dalam mengonsumsi makanan. 

BACA JUGA:Hendak ke China, Atlet Sepeda Nusantara Cycling Team Diajak Ganjar Ajak Gowes Keliling Semarang

"Menunya bagus, ada gambar karakternya. Jadi lahap makannya. Tadinya tiga bulan berturut-turut, susah naik (berat badannya). Alhamudulilah sudah naik kemarin waktu ditimbang. Ada kenaikan 6 ons. Dari 10,3 kg sekarang 10,9 kg," kata perempuan 35 tahun ini.

Senada juga disampaikan warga satu desanya, Mita. Wanita berusia 31 tahun ini sangat berterima kasih dengan adanya program PMT kepada anaknya. Sebab, kini anaknya kian doyan makan sehingga berat badan anaknya bertambah.

"Anak saya juga mulai mau makan. Berat badan juga sudah mulai naik sedikit. Tadinya cuma 9,8 kilogram. Sekarang 10,5 kilogram. Menu sangat baik. Ada sayur mayurnya, ada buah, ada susu, ada lauk seperti ayam, telur, hati ayam. Bagus buat anak. Sebelumnya susah makan," ungkapnya. *

Sumber: