Lazisnu Kabupaten Tegal Diminta Jaga Kepercayaan Masyarakat

Lazisnu Kabupaten Tegal Diminta Jaga Kepercayaan Masyarakat

Jajaran Lazisnu dan PCNU Kabupaten Tegal saat menghadiri acara Rakorcab di Lebaksiu.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADRTEGAL.COM - Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal, HM Muntoyo meminta agar para pengurus Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) dapat menjaga kepercayaan masyarakat.

Pesan itu disampaikan saat menghadiri Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) Lazisnu, di Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Sabtu 7 Januari 2023.

Selain Muntoyo, hadir pula Rois Suriyah PCNU Kabupaten Tegal, KH Nawawi Ashari, Sekretararis PCNU Kabupaten Tegal Ryan Saeful Rizal, dan sejumlah pengurus Lazisnu.

Saat membuka Rakorcab, Muntoyo juga mengapresiasi para pengurus Lazisnu yang selalu melakukan koordinasi untuk pencapaian program NU. 

BACA JUGA:Nenek Berusia 80 Tahun Terjebak Banjir di Kecamatan Margadana Kota Tegal, Tim BPBD Segera Lakukan Evakuasi

"Para pengurus Lazisnu dari mulai ranting sampai cabang harus selalu menjaga kepercayaan masyarakat," pesannya.

Berbeda dengan Muntoyo, Sekretaris PCNU Kabupaten Tegal Ryan Saeful menyatakan bahwa keberadaan Lazisnu masih tertinggal dibandingkan lembaga amil lainnya.

"Dalam sebuah survey, indeks literasi zakat Lazisnu belum menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk menyalurkan zakat, infaq, sedekah," ujarnya.

Sementara, Rois Suriyah, KH Nawawi Ashari, berujar sejatinya yang memiliki payung hukum mengelola zakat, infaq dan sedekah adalah Lazisnu di tingkat cabang. Sedangkan di tingkat MWC dan Ranting diminta untuk selalu bersinergi.

BACA JUGA:Baznas Kota Tegal Bantu Logistik Dapur Umum Korban Banjir Margadana

"Seluruh Rois Suriyah di tingkat MWC agar selalu melakukan pantauan, karena Rois Suriyah adalah komando utama dalam organisasi, serta penanggungjawab kemaslahatan umat yang berkaitan dengan hukum atau syariat," pesannya.

Ketua Lazisnu Kabupaten Tegal, Akhmad Darus mengatakan, lembaga ini akan berhasil jika ditopang oleh semua ranting hingga cabang. 

"Perlu loyalitas kepada lembaga agar pergerakan lembaga lebih mantap dan kokoh. Kita juga harus menata niat dalam berkhidmat di NU," tukasnya. *

Sumber: