Dinkes Kota Tegal Temuakan 105 Kasus Baru HIV AIDS, 3 Diantaranya Meninggal Dunia

Dinkes Kota Tegal Temuakan 105 Kasus Baru HIV AIDS, 3 Diantaranya Meninggal Dunia

Senam bersama peringatan Hari AIDS Sedunia di Bumi Perkemahan OW PAI Kota Tegal. Dinkes Kota Tegal menemukan 150 kasus baru HIV AIDS-Meiwan Dani R-

KOTA TEGAL, RADARTEEGAL.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal menemukan 105 kasus baru HIV AIDS.

Dari jumlah kasus baru tersebut, yang merupakan warga asli Kota Tegal sebanyak 31 orang. Adapun Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) yang meninggal dunia sebanyak 3 dari 31 orang.

Menurut Sekretaris Dinkes Kota Tegal Yuli Prasetya, penemuan kasus baru tersebut setelah dilakukan Voluntary Counselling and Testing (VCT) selama tahun 2022.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Damayanti Wisnu Putranti Meninggal Dunia

"Untuk temuan kasus HIV AIDS selama tahun 2022 sebanyak 31 kasus dengan kematian tiga meninggal dunia," jelas Yuli saat peringatan Hari AIDS Sedunia di Bumi Perkemahan, OW PAI, Kota Tegal.

Yuli merinci, total temuan 31 kasus dimaksud terdiri dari perempuan 7 orang dan laki-laki 24 orang. 

Detailnya, sambung Yuli, dari faktor risiko Lelaki Suka Lelaki (LSL) 14 orang. Ibu Rumah Tangga (IRT) Pasangan Resiko Tinggi (Risti) 6 orang.

BACA JUGA:Mantan Angota DPR RI Damayanti Wisnu Putranti Meninggal Karena Kanker

Kemudian Wanita Pekerja Seks (WPS)  1 orang dan pelanggan WPS 10 orang. "Adapun yang meninggal dunia di Kota Tegal, yakni pelanggan WPS 2 orang dan LSL 1 orang," terangnya. 

Lebih jauh Yuli menguraikan, pihaknya menargetkan tahun 2030 Kota Tegal zero insidensi, kematian, stigma. Itu yang menjadi dukungan masyarakat menuju kearah lebih baik. 

Disinggung cara untuk mengatasi kasus HIV AIDS, Yuli menegaskan, dengan terus melakukan sosialisai tanpa henti dan penemuan kasus melalui VCT.

BACA JUGA:Dianggarkan Rp3 Miliar, Jembatan Kali Kemiri Kabupaten Tegal akan di Bangun Tahun 2023

“Serta pengobatan di 13 klinik Perawatan Dukungan dan Pengobatan (PDP) serta stigma awarrnes dengan melakukan pendekatan kepada keluarga oleh petugas kesehatan,” paparnya.

Ihawal peringatan Hari AIDS Sedunia, Yuli mengatakan, ada berbagai kegiatan yang dilakukan. 

Sumber: