Dianggarkan Rp3 Miliar, Jembatan Kali Kemiri Kabupaten Tegal akan di Bangun Tahun 2023

Dianggarkan Rp3 Miliar, Jembatan Kali Kemiri Kabupaten Tegal akan di Bangun Tahun 2023

Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Moh. Faiq (kiri) saat meninjau Jembatan Kali Kemiri di Desa Kupu, Kecamatan Dukuhturi-Yeri Noveli-

DUKUHTURI, RADARTEGAL.COM - Di sela-sela kesibukannya, Ketua DPRD Kabupaten Tegal Mohammad Faiq menyempatkan waktunya untuk meninjau Jembatan Kali Kemiri di Desa Kupu, Kecamatan Dukuhturi, Jumat 2 Desember 2022.

Politikus PKB yang berslogan Bergerak dengan Cinta ini mengatakan, jika Jembatan Kali Kemiri akan dibangun pada tahun 2023 mendatang. Pihaknya sudah mengusulkan pada APBD II Kabupaten Tegal sebesar Rp3 miliar.

"Semoga tahun depan bisa secepatnya dibangun," kata Faiq.

Dia mengemukakan, Jembatan Kali Kemiri memang sudah ambruk sejak Minggu 22 Februari 2020 sekitar pukul 19.07 WIB. Penyebab putusnya jembatan tersebut karena kondisi struktur bangunan yang sudah lama. 

BACA JUGA:Kerusakan Jembatan Kalierang Cilongok Kian Parah, Tiang Penyangga Sudah Rapuh

Selain itu, juga sampah yang menumpuk dan tersangkut di tiang bawah jembatan mengakibatkan arus sungai tidak dapat mengalir dengan lancar. Sehingga beban arus tersebut menghantam konstruksi penyangga jembatan dan mengakibatkan jembatan ambruk.

Beruntung, kala itu tidak ada korban jiwa, karena di atas jembatan tidak ada pengendara maupun warga. Hanya saja, akses di desa tersebut terhambat. Warga terpaksa harus memutar arah dengan jarak yang cukup jauh.

"Waktu itu, Pemkab langsung bergerak cepat dengan membangun jembatan darurat. Dan jembatan itu, digunakan sampai sekarang," ujar Faiq.

Kendati sudah ada jembatan darurat atau baily, Faiq mengaku khawatir karena lalu lintas di atas jembatan itu cukup padat. Selain untuk akses perekonomian, jembatan penghubung antar desa itu juga sebagai akses pertanian dan pendidikan.

BACA JUGA:Sambut Hari Armada RI, 200 Orang Bersihkan Dermaga Pelabuhan Tegal

Karena itulah, Faiq menyalurkan aspirasinya untuk pembangunan Jembatan Kali Kemiri. 

"Warga memang sering mengadu ke kami terkait jembatan itu. Sehingga saya akan merealisasikan di tahun 2023 mendatang. Semoga tidak ada halangan," doanya.

Kepala Desa Kupu, Miftah mengaku sangat bersyukur Jembatan Kali Kemiri akan dibangun kembali. Dia mengisahkan, jembatan tersebut dibangun sejak tahun 1980. Kala itu, dibangun menggunakan anggaran swadaya masyarakat.

"Saya masih ingat sekali, waktu itu warga iuran untuk membangun jembatan itu. Saya ingat karena waktu itu, kepala desanya adalah Pak De saya," kata Miftah, saat dihubungi, Minggu sore 4 Desember 2022.

Sumber: