Kereen, Hanya di Pemalang Nih! Basmi Hama Tanaman Pangan Pakai Robot Terbang

Kereen, Hanya di Pemalang Nih! Basmi Hama Tanaman Pangan Pakai Robot Terbang

Kepala Bidang Tanaman Pangan Imam Mukarto saat survei alat pertanian drone penyemprot hama.-Agus Pratikno-

PEMALANG, RADARTEGAL.COM - Untuk mengendalikan serangan hama pada tanaman pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang akan mengembangkan teknologi baru di bidang pertanian. Salah satunya dengan pemanfaatan robot terbang atau drone. 

Robot terbang itu akan dijadikan sebagai alat penyemprot hama. Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang sudah mengadakan satu unit drone penyemprot hama pertanian. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Imam Mukarto mengatakan, untuk memajukan  pertanian perlu adanya penerapan teknologi. Yaitu alat pengendali hama dengan menggunakan drone penyemprot hama. 

BACA JUGA:2.740 Pelajar Putri di Kabupaten Tegal Dicekoki Tablet Tambah Darah

Menurutnya, penerapan teknologi baru di bidang pertanian ini, dilatarbelakangi ketika melihat kondisi sekarang dengan semakin berkurangnya tenaga manusia dalam usaha pertanian, maka akan menghambat usaha pertanian.  

Bahkan dengan semakin berkurangnya tenaga manusia itu, juga akan berpengaruh terhadap pengeluaran petani. 

"Artinya tenaga manusia menjadi mahal, sehingga biaya untuk usaha pertanian, semakin besar. Karena minimnya sumber daya manusia tersebut, akhirnya menjadikan permasalahan bagi petani," katanya.

BACA JUGA:Iflasi Disorot Mendagri, Ganjar Instruksikan Pejabat 35 Kota-Kabupaten di Jateng Turun Lapangan

Melihat permasalahan itu, maka ada satu hal yang menjadi perhatian pemerintah daerah. Salah satunya dalam pengendalian hama pada tanaman pangan. 

Untuk dapat mengendalikan hama itu, perlu ada  inovasi baru, melalui penerapan teknologi modern, yakni melakukan penyemprotan secara serempak menggunakan drone.

"Upaya itu dapat dilakukan ketika terjadi serangan hama pada tanaman pangan. Karena untuk dapat mengendalikan hama itu harus dilakukan secara serempak. Sebab jika tidak, hama akan berpindah dari tanaman yang satu ke tanaman yang lain," ujarnya.

BACA JUGA:Geger Penemuan Mayat Gosong di Area Persawahan Kaliwadas Kabupaten Tegal

Dijelaskan bahwa alat penyemprot hama menggunakan drone itu, sangat efektif dan mampu untuk menyemprotkan secara merata dalam hamparan tanaman pangan yang luas.  

Dengan menggunakan drone, sehari mampu untuk menyemprot tanaman antara 20 hingga 50 hektar. 

Sumber: