Iflasi Disorot Mendagri, Ganjar Instruksikan Pejabat 35 Kota-Kabupaten di Jateng Turun Lapangan

Iflasi Disorot Mendagri, Ganjar Instruksikan Pejabat 35 Kota-Kabupaten di Jateng Turun Lapangan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo instruksikan pejabat 35 kota/kabupaten untuk turun kelapangan untuk mengendalikan inflasi daerah.--

BACA JUGA:UMP Jateng 2023 Naik Rp145 Ribu, Ganjar: Berlaku Mulai 1 Januari

Daerah yang menjadi perhatian adalah Kota Solo. Ganjar mengatakan penanganannya tidak bisa sendiri. Daerah penyangga harus turut berpartisipasi.

“Umpama suplai bahan kebutuhan itu disuplai dari Klaten, Sukoharjo, dari Sragen, Karanganyar sehingga nanti stabilisasinya bisa dikontrol,” ujarnya.

Ganjar menegaskan, sampai dengan Januari 2023 seluruh daerah harus turun ke lapangan untuk mengecek. Sehingga bisa menemukan solusi dan langkah mengatasi inflasi tersebut.

“Cek terus di pasar dan kemudian memastikan suplainya ada, harganya bisa terjangkau sehingga kalau ada sesuatu yang naik dan sifatnya drastis cepat dilakukan intervensi,” tegasnya.

BACA JUGA:Gegara Galian C Dibenci Teman, Ganjar Curhat di Seminar: Please Mau Kita Atur

Adapun soal serapan anggaran, Ganjar juga mengimbau kabupaten kota untuk segera menggenjot belanja daerahnya. Termasuk target pendapatan yang mesti dicapai.

“Ini musti digenjot, ini sudah bulan November masak kemudian serapannya masih kecil, itu tadi yang didorong agar kita bisa melakukan percepatan,” katanya.

Sebagai informasi Inflasi indonesia Pada Oktober 2022 terjadi inflasi year on year (yoy) sebesar 5,71 persen. Adapun di Jawa Tengah saat ini inflasinya 6,4 persen. *

Sumber: