Tak Kuat Nanjak, Truk Tronton Sarat Muatan Terjun ke Sungai Glagah Brebes Setinggi 15 Meter

Tak Kuat Nanjak, Truk Tronton Sarat Muatan Terjun ke Sungai Glagah Brebes Setinggi 15 Meter

Truk tronton sarat muatan terjun dari atas jembatan Sungai Glagah setinggi 15 meter karena tak kuat nanjak.-Teguh Supriyanto-

TONJONG, RADARTEGAL.COM - Kecelakaan lalu lintas terjadi di jembatan Sungai Glagah, Dukuh Dudukan, Desa Linggapura, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Sabtu 12 November 2022, sekitar pukul 19.30 WIB.  

Sebuah truk tronton sarat muatan kayu triplek, terjun bebas dari jembatan setinggi lebih dari 15 meter, di ruas jalan utama Tegal-Purwokerto itu.

Beruntung sopir truk, Muktaro Ripan (50), warga Kabupaten Purbalingga, berhasil menyelamatkan diri. Dia melompat dari dalam kabin kemudi, beberapa saat sebelum truk terjun ke sungai.

BACA JUGA:Rawan Kriminalitas Dini Hari, Polres Tegal Pantau Ketat Obyek Vital di Pasar Banjaran

Ripan menuturkan, ditemani kernetnya Febrianto (50), dia bermaksud mengantar kiriman triplek dari wilayah Wonosobo menuju Tanggerang, Banten. 

Hanya saja truk bernomor polisi R 8587 BM  tersebut mengalami kendala, saat melintasi jalan menanjak selepas jembatan Sungai Glagah.

"Sebetulnya sudah melewati jembatan, kemudian jalan menanjak. Sepertinya truk tidak kuat, lalu saya perintahkan kernet untuk turun dan mengganjal roda," ungkap Ripan.

BACA JUGA:Pengangkatan PPPK Picu Polemik, Komisi X DPRD: Harus Ada MoU Antar Intansi yang Mengurusi

Namun upaya tersebut tidak berhasil, truk melaju mundur kembali mengarah ke arah jembatan Sungai Glagah. Ripan berusaha untuk mengendalikan kendaraan untuk menghindari kecelakaan dengan kendaraan lain.

"Mesin kehilangan tenaga, akhirnya saya minta kernet untuk mengganjal. Tapi truk begerak mundur, sementara saya lihat di sepion banyak kendaraan di belakang. Akhirnya saya arahkan kemudi ke kiri jalan, agar tidak menabrak mobil di belakang," kata Ripan.

Meski dengan upayanya tersebut Ripan berhasil mengindari tabrakan dengan kendaraan lain, namun truk mengarah ke sisi kiri dan menabrak pagar jembatan hingga akhirnya terperosok dan terjun ke sungai.

"Saat akan menabrak pagar jembatan, saya lompat dan jatuh di aspal sedangkan trul bersama muatan jatuh ke sungai," kata Ripan.

BACA JUGA:Borobudur Marathon 2022, Ganjar Pecah Rekor Lari 21 KM, Sempat Mules dan Mampir di Rumah Warga Sebelum Finis

Sumber: