Candi Borobudur Angkat Kelas Polres Magelang, Kapolda Jateng: Anggota Harus Peka Tangkap Aspirasi Masyarakat

Candi Borobudur Angkat Kelas Polres Magelang, Kapolda Jateng: Anggota Harus Peka Tangkap Aspirasi Masyarakat

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi meminta angotanya lebih peka terhadap aspirasi masyarakat saat meresmikan Polres Magelang menjadi Polresta.-Hermas Purwadi-

MAGELANG, RADAR TEGAL.COM - Keberadaan Candi Borobudur tidak hanya berdampak positif terhadap masyarakat di sekitarnya.

Destinasi wisata yang menjadi salah satu keajaiban dunia itu juga berperan penting terhadap kelangsungan instansi-instansi di wilayahnya.

Buktinya, Candi Borobudur mampu mengangkat kelas atau tipe Polres Magelang, dari Polres menjadi Polresta.

Secara resmi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi meresmikan naiknya tipe Polres Magelang menjadi Polresta Magelang, dalam upacara pengukuhan kenaikan tipe di Mapolresta Magelang, pada Selasa, 8 November 2022.

BACA JUGA:800 Jiwa Warga Wadas Gumantung Brebes Sulit Keluar Wilayah, Jembatan Putus Sejak 2017 Belum Ditangani

Menurut Irjen Pol Ahmad Luthfi, kenaikan tipe ini merupakan bentuk jawaban Polri dalam menangkap harapan masyarakat di wilayah Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Magelang.

Kabupaten Magelang, sambung Kapolda, merupakan daerah yang sudah seharusnya dinaikan tipenya karena terdapat sejumlah destinasi wisata strategis. Salah satunya Candi Borobudur yang merupakan warisan budaya.

Kenaikan tipe Polresta Magelang menyusul dua Polres lain di Jawa Tengah yang sebelumnya telah dinaikkan tipenya, yaitu Polresta Pati dan Cilacap.

BACA JUGA:11 Kepala Desa Terpilih di Pemalang Diwejang Soal Antikorupsi

Dengan naiknya tipe tersebut, Kapolda berharap personel Polresta Magelang dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

"Kenaikan tipe ini mengandung konsekuensi agar anggota Polresta Magelang meningkatkan tanggung jawab dalam melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, dan penegakan hukum. Serta lebih peka dalam menangkap aspirasi masyarakat," tuturnya.

"Pesan saya, jalin sinergitas TNI-Polri untuk tidak lepas dari kegiatan di lapangan. Karena TNI-Polri merupakan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Karena tanggungjawab harkamtibmas dan keamanan negara ada di TNI-Polri yang kita banggakan," imbuh Kapolda.

BACA JUGA:'Dicium' KA Argo Sindoro saat Sedang Berjemur, Lansia di Pemalang Meregang Nyawa

Ibarat dua sisi mata uang, Ahmad Luthfi menyebut TNI-Polri tak terpisahkan. Sinergitas tersebut dinilainya sangat penting untuk menjaga kondusifitas harkamtibmas, khususnya menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Sumber: