El Clasico ke-250, Real Madrid dan Barcelona Berebut Pemuncak Klasemen

El Clasico ke-250, Real Madrid dan Barcelona Berebut Pemuncak Klasemen

--

MADRID, radartegal.com - Jelang El Clasico ke-250, Minggu 16 Oktober 2022 malam nanti, Real Madrid lebih diunggulkan dari Barcelona. Dari sejumlah bursa taruhan misalnya Asian Handicap (voor) -0.25 untuk nilai odds yang nyaris berimbang (Pilih Madrid menang atau Barca menang).

Artinya Los Blancos (julukan Real Madrid) sedikit lebih diunggulkan. Bisa jadi lantaran faktor tuan rumah dan kedalaman skuad yang lebih mumpuni ketimbang Blaugrana (sebutan Barcelona). Apalagi saat ini sejumlah pilar Barca masih dilanda cedera.

Sedangkan di Real Madrid, hanya Dani Ceballos dan Thibaut Courtois yang dipastikan absen. Sementara kondisi Antonio Rudiger memang agak meragukan tapi tampaknya bisa tampil jika dibutuhkan.

Sementara Xavi belum bisa memainkan sejumlah pemain pentingnya. Jules Kounde, Ronald Araujo, Andreas Christensen hingga Memphis Depay masih harus menepi karena cedera.

Praktis hanya Eric Garcia dan Gerard Pique yang bisa diandalkan untuk pos bek tengah. Lima El Clasico terakhir, Real Madrid tampak lebih dominan (4 kali menang, 1 kali kalah). 

Tetapi satu kekalahan itu terjadi pada bentrok terakhir kedua tim di Bernabeu. Skornya pun mencolok 0-4.

Panasnya El Clasico kali ini semakin terasa karena kedua tim mengoleksi angka sama di puncak klasifika, 22 poin. Sama-sama belum terkalahkan di La Liga musim ini (7 menang, 1 imbang).

Barcelona dan Real Madrid pun jauh meninggalkan pesaingnya, sehingga hasil laga besok malam akan berpengaruh dalam perburuan gelar juara Liga Spanyol musim 2022/23.

Pada laga terakhirnya, Los Blancos diimbangi wakil Ukraina, Shakhtar Donetsk dengan skor 1-1 pada matchday 4 Grup F Liga Champions. Hasil itu memang sudah cukup untuk meloloskan Madrid ke babak 16 besar, namun Carlo Ancelotti mengakui anak asuhnya bermain sangat buruk malam itu.

Don Carlo tampaknya harus memutar otak lebih keras lagi saat menghadapi lawan yang jelas lebih tangguh, Barcelona, sebab mereka tidak mendominasi pertandingan sejak awal dalam beberapa pekan terakhir, bahkan di kandang.

Dua dari empat pertandingan kandang terakhir, Los Blancos membutuhkan gol setelah menit ke-70 untuk menyelesaikan tugasnya, meskipun mereka gagal mencetak gol setelah turun minum di masing-masing dari dua pertandingan terakhir mereka di Santiago Bernabeu.

Sementara itu, Barcelona datang ke El Clasico edisi ke-250 ini berbekal tujuh kemenangan La Liga berturut-turut, enam laga terakhir tanpa kebobolan.

Terlepas dari penampilan buruk mereka di Liga Champions, pertahanan Barca cukup tangguh di La Liga. Baru sekali kebobolan dari delapan laga yang sudah dijalani dan mencetak 20 gol.

Dengan kenangan kemenangan 4-0 H2H musim lalu di venue ini masih segar dalam ingatan, mereka menargetkan dua kemenangan LL H2H berturut-turut untuk pertama kalinya sejak Maret 2019.

Sumber: