5 Pebalap Muda Indonesia Dominasi Hari Pertama Balapan ARRC di Sepang

5 Pebalap Muda Indonesia Dominasi Hari Pertama Balapan ARRC di Sepang

--

SEPANG, radartegal.com - Indonesia Raya akhirnya benar-benar berkumandang di Sepang International Circuit, Malaysia, Sabtu 8 Oktober 2022. Tidak hanya sekali, lagu kebangsaan itu bahkan bahkan berkumandang hingga 2 kali.

Dua kali podium tertinggi balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) itu dipersembahkan M. Adenanta Putra dan Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang. Kedua pebalap muda binaan Astra Honda Motor (AHM) itu berhasil menjadi yang tercepat di dua kelas berbeda. 

Turun membalap untuk Astra Honda Racing Team (AHRT), M. Adenanta Putra berhasil meraih podium tertinggi di race pertama kelas Asian Production 250 (AP250). Kendati memulai start dari posisi ke-2, Adenanta tampil impresif dan terus mendominasi setiap lap dari delapan putaran dan finish di posisi pertama.

Adenanta tidak sendirian. Di kelas ini, pebalap muda bertalenta itu ditemani Herjun Atna Firdaus yang memulai start dari posisi ke-7. Dari 8 lap, Herjun berhasil memperbaiki posisinya hingga meraih podium ketiga.

Sementara Rheza Danica Ahrens harus puas finish di urutan ke-4, setelah sempat melebar dari grup terdepan. Sementara di kelas Supersport 600 (SS600), Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang juga berhasil menjadi juara.

Memulai start dengan baik, Andi Gilang melesat dan bersaing ketat pada grup terdepan dan mampu menyelesaikan balapan dengan hasil terbaik. Andi Gilang berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mempersembahkan podium tertinggi pada posisi pertama di race pertama kelas SS600.

Sementara Irfan Ardiansyah yang juga turun bersaing pada kelas SS600 berhasil finish pada posisi ke-9, setelah berjuang melalui persaingan yang ketat. 

"Alhamdullillah, saya bisa meraih podium 1 di Sepang. Saya mencoba menekan sejak awal balapan. Pada beberapa lap terakhir saya merasakan daya cengkeram ban mulai menurun, sehingga saya berusaha menjaga irama balap untuk tetap bisa bertahan. Saya akan coba meraih kemenangan lagi pada race 2," ujar Adenanta.

Sedangkan Herjun yang kembali naik podium untuk kali kedua, setelah race di Sugo mengaku mencoba menjaga konsentrasi selepas bendera start dikibarkan. Cara itu dilakukan Herjun untuk tetap berada pada grup terdepan.

"Utamanya pada beberapa titik yang penting, seperti di tikungan terakhir. Semoga saya bisa semakin baik lagi di race 2 besok," ujar Herjun.

Sedangkan Andi Gilang yang kembali menjuarai race pertama di Sepang mengaku memulai balapan dengan kepercayaan diri yang tinggi. Cara itu dilakukannya dengan bekal hasil positif di FP dan QP.

"Saya fokus untuk tidak melakukan kesalahan dan memanfaatkan kecepatan di beberapa titik. agar jarak bisa semakin terjaga. Alhamdulillah, saya bisa kembali persembahkan podium 1 untuk Astra Honda Racing Team dan Indonesia," ungkapnya

Andi Gilang menambahkan dirinya berusaha menjaga fokus untuk tidak melakukan kesalahan dan memanfaatkan kecepatan di beberapa titik. Sehingga jarak dengan pebalap-pebalap lainnya bisa terus terjaga, hingga akhir balapan.

"Semoga saya bisa terus konsisten untuk kembali menambah poin. Terutama untuk merebut peluang juara Asia," pungkas Andi Gilang sesaat setelah meraih podium pertama. (*)

Sumber: