Edukasi Pentingnya Safety Riding, Astra Motor Jateng Gandeng FKM UNDIP Gelar Seminar

Edukasi Pentingnya Safety Riding, Astra Motor Jateng Gandeng FKM UNDIP Gelar Seminar

--

SEMARANG, radartegal.com – Astra Motor Jateng bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan K3 Undip menggelar Seminar Safety Riding, Jumat 30 September 2022 lalu. Seminar bertema “Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman” bertujuan untuk mengedukasi tentang pentingnya safety riding bagi mahasiswa Univeritas Diponegoro (Undip).  

Kegiatan yang diinisiasi untuk melahirkan generasi #Cari_Aman ini, diikuti 350 mahasiswa perwakilan dari berbagai angkatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip. Utamanya mereka yang peduli tentang pentingnya keselamatan berkendara dalam kehidupan sehari–hari. 

Berbagai materi safety riding dipaparkan, mulai dari pemahaman kesadaran keselamatan berkendara hingga prediksi bahaya saat berkendara. Materi yang disampaikan secara lisan itu kemudian diikuti diskusi intensif antar mahasiswa, dan dilanjutkan pengetahuan terkait peraturan lalu lintas oleh Kanitlantas Polsek Tembalang.

Pelajaran praktik prinsip dasar berkendara pun dilakukan langsung oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng yang telah tersertifikasi. Sesi tanya jawab menjadi puncak keseruan diantara peserta seminar karena semangat keingintahuan mahasiswa yang besar terkait tata tertib lalu lintas, aturan tilang eletronik, hingga teknik dan tips berkendara aman ala Safety Riding Honda. 

Pada kegiatan ini juga dilakukan pelantikan dan pengukuhan Forum Keselamatan Berkendara yang beranggotakan 15 mahasiswa perwakilan dari organisasi kemahasiswaan yang ada di FKM Undip. Dekan FKM Undip, Dr Budiyono SKM MKes  mengatakan pembentukan ini merupakan grand strategi FKM bersama Main Dealer Astra Motor Jateng.

Tujuannya, papar Budiyono, dilakukan sebagai upaya penerapan keselamatan berkendara di lingkungan kampus yang nantinya diharapkan masuk dalam program K3. Selain itu, nantinya bisa diaplikasikan dalam pembelajaran di seluruh fakultas yang ada di Undip.

“Keselamatan adalah hal utama dan mencegah terjadinya kecelakan merupakan prioritas dari Forum Keselamatan Berkendara.Mahasiswa harus bisamengaplikasikan dan menjadi contoh Generasi Cari Aman bagi teman, keluarga, dan masyarakat sekitarnya,” pesan Budiyono. 

Senior Instruktur Astra Motor Jawa Tengah Oke Desiyanto menambahkan seminar ini merupakan awal kegiatan, karena nantinya akan ada pembuat key performance indikator yang dirancang bersama. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan di lingkungan kampus.

Sementara Ketua K3 UPT Universitas Diponegoro, Bina Kurniawan SKM MKes menegaskan jalinan kerjasama antara FKM Undip dengan Safety Riding Main Dealer Astra Motor Jateng akan berjalan secara berkelanjutan. Ini dilakukan demi peningkatan performa Forum Keselamatan Berkendara yang akan didampingi langsung instuktur safety riding Honda. (*)

Sumber: