Tegal Cerdas, Wali Kota Dedy Yon Tantang OPD Aktif Wujudkan Smart City lewat Digitalisasi Pelayanan

Tegal Cerdas, Wali Kota Dedy Yon Tantang OPD Aktif Wujudkan Smart City lewat Digitalisasi Pelayanan

DITEKEN - Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menandatangani komitmen menuju Tegal Cerdas. (foto: teguh muj/rtc)--

TEGAL, radartegal.com - Wali Kota Dedy Yon Supriyono beserta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan pejabat lainnya menandatangani kesepakatan bersama untuk mendukung Gerakan Menuju Tegal Kota Cerdas. Kesepakatan itu ditandatangani di Pendapa Ki Gede Sebayu, Rabu siang 14 September 2022.

Penandatanganan merupakan upaya lanjutan pemerintah dari perjanjian kerjasama (MoU) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Yakni untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city tiap daerah. 

Wali Kota Dedy Yon Supriyono mengatakan penandatangan komitmen bersama sebagai bentuk perwujudan dari sinergitas Pemkot Tegal untuk mempromosikan daerahnya agar lebih baik lagi.

Selain itu, ungkap Dedy, tentunya peningkatan kualitas pelayanan yang lebih efisien bagi masyarakat di era digitalisasi. 

“Saya berharap dengan pendampingan itu, dapat mempercepat dan menyempurnakan pergerakan program smart city yang tentunya dapat meningkatkan kemampuan transformasi digital di Kota Tegal semakin terpenuhi dan progresif,” ujar Dedy Yon.

Dedy Yon mengingatkan kepada OPD harus berpartisipasi aktif untuk menyesuaikan perkembangan teknologi yang serba berbasis platform digital.

Sehingga ketiga komponen yakni smart city, kantor terpadu, dan mall pelayanan publik, dapat dilaksanakan agar transformasi informasi dapat tersampaikan, baik kepada publik dan publik merasa terlayani dengan baik. 

“Saya terus mengingatkan kontribusi SDM OPD dan lainnya akan pentingnya smart city agar digitalisasi terpenuhi secara sistem yang kuat dan partisipasi yang aktif dari segenap jajaran terkait untuk melakukan pendampingan literasi digital ke masyarakat," papar Dedy Yon.

Tim Ahli Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Muhammad Misbah mengungkapkan inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan OPD di Pemkot Tegal dikenal dengan Quick Win Smart City Kota Tegal.

Di antaranya, Asela Dijaketi sebagai bentuk Smart Society, Smart Environment untuk Pengolahan Limbah B3 dan Smart Governance yang diwujudkan melalui e-Kelurahan.

"Selanjutnya, Smart Branding dengan program SI Langit Cerah, Job Cafe Anteraja untuk Smart Economy, dan yang terakhir Tegal Padang Jingrang Smart Living," katanya.

 

Dia berharap dengan program-program inovasi di Kota Tegal ini dapat meningkatkan manajemen pelayanan secara digital dapat berjalan dengan lebih baik. (*)

Sumber: