Ke Brebes, Ganjar Berikan Bantuan Rumah Kepada 32 Keluarga Terdampak Banjir Kalikeruh

Ke Brebes, Ganjar Berikan Bantuan Rumah Kepada 32 Keluarga Terdampak Banjir Kalikeruh

KUNJUNGAN - Gubernur Ganjar Pranowo saat mengunjungi bantuan rumah OPTiMiS (Omah Panel Tingkat Milik Sederhana) atau hunian vertikal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Rabu, 14 September 2022.-Istimewa-radartegal.com

BREBES, radartegal.com- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memberikan bantuan rumah OPTiMiS (Omah Panel Tingkat Milik Sederhana) atau hunian vertikal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada 32 Kepala Keluarga (KK). Penerima bantuan tersebut merupakan warga yang terdampak banjir Sungai Kalikeruh, Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.

Seperti diketahui, bantuan berbasis komunitas itu diberikan melalui program Tuku Lemah Oleh Lemah (beli tanah dapat rumah). Di mana, bantuan tersebut diberikan setelah ada laporan terkait puluhan keluarga yang kehilangan rumah akibat banjir Sungai Kalikeruh pada Februari 2022 lalu.

"Kemarin ada warga yang melapor kepada pemda, ternyata banyak rumah yang terbawa banjir. Ternyata juga banyak dari rumah itu yang tidak ada surat-suratnya. Hari ini ada bantuan dari pemerintah yang mudah-mudahan bisa mendorong semuanya semangat," ungkap Ganjar usai mengikuti peletakan panel pertama bantuan Rumah OPTiMiS di Desa Dukuhturi Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.

Bantuan tersebut, kata Ganjar, diberikan secara kolektif melakui basis komunitas Sempadan Sungai Kalikeruh. Puluhan warga yang tergabung komunitas membeli area tanah.

Masing-masing keluarga membeli tanah seluas 18 meter persegi dengan harga Rp7,5 juta. Kemudian Pemprov Jateng memberikan bantuan berupa rumah dua lantai sebesar Rp50 juta per rumah.

"Ini yang judulnya tuku lemah oleh lemah. Jadi saya minta nanti masyarakat gotong royong membantu (membangun)," ungkapnya.

Selain bantuan rumah dua lantai, pemerintah juga memberikan stimulan senilai Rp1,8 juta untuk upah padat karya. Sedangkan mayoritas penerimanya  berprofesi sebagai pedagang. Kondisi rumah penerima bantuan rata-rata mengalami kerusakan berat.

"Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang. Nanti tinggal kita tambahin jamban dan listrik," terangnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sempadan Sungai Kalikeruh Deni mengucapkan terima kasih atas bantuan rumah yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Bantuan ini, kata dia, sangat membantu dirinya dan anggota komunitas lainnya.

"Mewakili anggota komunitas saya menyampaikan terima kasih, Pak. Ini sangat membantu kami setelah bencana banjir kemarin," ucapnya.

Terpisah, Koordinator Perumahan Formal Swadaya Dinperwaskim Kabupaten Brebes Irfanudin mengatakan, Perumahan Berbasis Optimis ini nantinya akan membangun 32 unit. Di mana, tahun ini akan dibangun dua unit terlebih dahulu.

"Tahun ini baru dua unit yang bakal dibangun bulan September dan Oktober mendatang. Sedangkan sisanya nanti dibangun pada tahun depan," ujarnya.

"Jadi kami berharap pembangunan ini bisa memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat untuk bergotong-royong dalam pembangunan ini," pungkasnya. (*)

Sumber: radartegal.com