Iklan sukun new

Denny Siregar Bilang Subsidi BBM Dibakar Hilang Sia-sa, Politisi Demokrat: Itu Hak Rakyat untuk APBN

Denny Siregar Bilang Subsidi BBM Dibakar Hilang Sia-sa, Politisi Demokrat: Itu Hak Rakyat untuk APBN

--

JAKARTA, radartegal.com - pro kontra kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi masih terjadi di kalangan masyarakat. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sabtu 3 September 2022, pukul 14.30 WIB menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Harga pertalite naik dari Rp7.650 menjadi 10.000 per liter dan solar dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800. 

Tak hanya itu, Jokowi yang didampingi sejumlah menteri terkait juga mengumumkan kenaikkan harga BBM lainnya. Pertamax nonsubsidi naik dari Rp12.000 jadi Rp14.500 per liter.

BACA JUGA: Harga Pertalite Naik Jadi Rp10 Ribu, Solar Rp6.800

Jokowi mengatakan anggaran subsidi pemerintah sudah meningkat 3 kali lipat dari  Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan itu akan meningkat terus. Lebih dari 70% subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil pribadi.

Ini pula yang kemudian dikomentari Denny Siregar. Penulis sekaligus produser film dari Sayap-sayap patah itu pun kembali menimbulkan kontroversi melalui cuitannya di twitter.

Pernyataan Denny Siregar yang ditulis melalui unggahan di akun twitter pribadinya itu mengatakan bahwa subsidi BBM itu dibakar sia-sia. “Saya bingung. Subsidi bbm itu dibakar Pak, hilang sia-sia,” cuit Denny Siregar, Minggu 4 September 2022.

BACA JUGA: Politisi PKS Minta Pemerintah Jujur, Jangan Buat Masyarakat Bingung dengan Wacana Kenaikan Harga BBM

Denny Siregar juga menyinggung mengenai pernyataan yang di lontarkan Din Syamsuddin. yaitu pernyataan Din tentang pembangunan infrastruktur yang harus dihentikan agar BBM tidak naik.

“Tapi infrastruktur itu wujudnya nyata, bisa bangkitkan ekonomi sekitar,” tambah Denny.

Unggahan Denny itu pun langsung ditaanggapi politisi Partai Demokrat, Irwan Fecho. Dia yang juga anggota anggota DPR RI memberikan pendapatnya mengenai subsidi bbm dan APBN.

BACA JUGA: Negara Masih Mampu, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani Minta Pemerintah Tidak Menaikkan Harga BBM Dulu

“Subsidi BBM kok sia-sia. Itu hak rakyat untuk APBN. Jelas membantu rakyat,” tulis Irwan Pecho di twitter pribadinya, Minggu 4 September 2022.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menurut anggota DPR RI itu adalah hak rakyat dan tidak mungkin sia-sia. Melalui BBM sendiri yang harganya di naikkan itu tentu bisa membantu pendapatan negara.

Sumber: