Diterjang Badai Perahu Terbalik di Tengah Laut, Seorang Nelayan Tercebur dan Hilang di Laut Jawa

Diterjang Badai Perahu Terbalik di Tengah Laut, Seorang Nelayan Tercebur dan Hilang di Laut Jawa

OPSAR - Sejumlah tim gabungan sedang menyiapkan opsar pencarian ABK KM Karyamitra yang tenggelam di Laut Jawa. (foto: pmi kab. tegal for rtc/muj)--

KRAMAT, radartegal.com - Sebuah perahu nelayan terbalik di Perairan Laut Utara Jawa, tepatnya di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Peristiwa itu terjadi pada, Minggu 4 September 2022 sekitar pukul 01.00 WIB.

Akibatnya, seorang nelayan dilaporkan hilang dan saat ini dalam pencarian petugas gabungan. Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal, Sunarto mengatakan berdasarkan hasil assesment yang dilakukan, korban yang hilang adalah Darto (45), warga Desa Dinuk RT 02 RW 04 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.

Peristiwa bermula saat korban bersama rekan-rekannya pergi melaut, menggunakan KM Karyamitra pada, Sabtu 3 September 2022 sekitar pukul 16.00 WIB.

"Sekitar pukul 21.00 WIB, kapal diterpa angin kencang dan labuh jangkar. Posisi kapal diperkirakan berada pada 2 mil dari Karang Jeruk," katanya.

Selang beberapa saat, kata Sunarto, kapal berencana mendekat ke kapal nelayan lain yang berada di 3 mil dari TKP. Tiba-tiba kapal terbalik dan salah seorang anak buah kapal (ABK) mencoba berenang menuju kapal terdekat.

"Beberapa saat kemudian, ada kapal nelayan lain yang mendekat ke TKP dan melakukan evakusi terhadap ABK serta Juru mudi. Pada saat evakusi diketahui seorang ABK hilang," ujarnya.

Sunarto mengungkapkan kejadian itu selanjutnya dilaporkan ke Kantor Satpolairud Larangan. Selanjutnya, petugas gabungan berangkat dari pelabuhan untuk melakukan opsar. (*)

Sumber: