Jaga Kesehatan Anak dengan Kenalkan Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh

Jaga Kesehatan Anak dengan Kenalkan Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh

PENULIS: Ragil Epry Ristiyani, S.Pd, guru SDN 3 Jepon Kecamatan Jepon Kabupaten Blora--

Harus diakui, kesehatan menjadi salah satu hal penting yang wajib dijaga untuk menunjang seluruh aktivitas kita sehari-hari. 

Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menjaganya, tentu dengan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh berupa makanan sehat.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan olahraga teratur juga menjadi salah satu cara kita untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya bagi orang dewasa, anak-anak terutama yang tengah dalam masa pertumbuhan juga memerlukannya.

Karenanya, pengetahuan mengenai bagaimana menjaga kesehatan, termasuk memahami pentingnya makanan sehat bagi tubuh sangat diperlukan bagi anak.

Pengenalan makanan sehat ini idealnya sudah mulai diajarkan sejak dini. Bahkan sejak anak baru mengenal makanan pertamanya. Kemudian berlanjut ke pra sekolah hingga ke jenjang pendidikan berikutnya.

Di kelas V sekolah dasar, pentingnya makanan sehat dalam tubuh sudah masuk dalam tema 3 sub tema 2. Di sini, anak-anak tentunya diharapkan bisa lebih memahami kandungan gizi yang ada di setiap makanan yang biasa mereka konsumsi.

Tidak hanya itu, beberapa masalah kesehatan yang disebabkan konsumsi makanan tertentu juga diajarkan. Tujuannya tentu saja agar anak bisa memahami bahaya apa saja yang bisa mengancam mereka jika abai terhadap kandungan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

Penerapan materi ini tentunya bisa dilakukan baik di sekolah maupun di rumah. Di sekolah, tentunya anak-anak diharapkan bisa lebih memilah jajanan sekolah yang mereka konsumsi. 

Jika anak memang terbiasa membawa bekal dari rumah, makanan yang dibawa juga lebih diperhatikan kandungan gizinya. Hal ini tentunya perlu komunikasi dan koordinasi dengan orang tua siswa di rumah. 

Pemahaman akan pentingnya makanan sehat diharapkan bisa membawa kebiasaan yang baik bagi anak. Karena apa yang biasa dimakan anak hari ini, akan menentukan kesehatannya kelak nanti di kemudian hari. (*)

Sumber: