Market Day, Kenalkan Keterampilan Kewirausahaan Sejak Dini Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar

Market Day, Kenalkan Keterampilan Kewirausahaan Sejak Dini Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar

PENULIS: NUR ROCHMAN, S.Pd, SDN 1 GENENGREJO, KEC. BULUKERTO, KABUPATEN WONOGIRI --

Memiliki kemampuan wirausaha yang handal tidak bisa didapatkan secara instan. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mempelajari dan menguasai keterampilan berwirausaha ini.

Bahkan, keterampilan ini mulai dikenalkan pada peserta didik sedini mungkin. Mulai dari taman kanak-kanak hingga siswa pada pendidikan menengah. 

Sementara di tingkat pendidikan tinggi, keterampilan wirausaha dipelajari dengan lebih spesifik lagi. 

Tujuannya tentu menciptakan para wirausahawan yang bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri secara khusus, keluarga dan lingkungan pada umumnya.

Semakin tinggi tingkat pendidikannya, tingkat kesulitan dan kadar keterampilan wirausaha yang dikuasai juga berbeda. 

Menurut Djatmiko (1998), pendidikan kewirausahaan perlu dikembangkan untuk mengembangkan, memupuk dan membina bibit atau bakat pengusaha sehingga bibit tersebut lebih berbobot dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang mutakhir.

Karenanya tidak mengherankan jika banyak pendidikan dasar mulai memasukkan kegiatan market day dalam agenda sekolah mereka. Hampir semua sekolah dasar mulai mengenalkan keterampilan wirausaha melalui market day.

Tujuannya untuk melatih dan menumbuhkan jiwa wirausaha pada siswa, belajar untuk bekerjasama dalam sebuah kelompok, dan memupuk solidaritas.

Secara khusus, market day digelar dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur, memahami dunia bisnis, melatih kreativitas dan inovasi pada siswa. Market day juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa, meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik dan melatih kecerdasan bisnis mereka.

Mempelajari kewirausahaan bermanfaat bagi siswa dan pelajar dari latar belakang sosial dan ekonomi yang berbeda. Pasalnya, keterampilan ini mengajarkan anak untuk mengembangkan keterampilan unik dan berpikir di luar kotak atau out of the box.

Siswa sekolah dasar, biasanya mulai kelas IV sampai kelas VI berlatih lebih kreatif selama menyiapkan sampai selesai pelaksanaan market day. Di tahap persiapan, mereka harus mulai berpikir kreatif menentukan pilihan produk atau menu yang akan mereka tawarkan dalam market day.

Di tahap ini, mereka juga belajar berdisiplin mengikuti aturan yang sudah ditentukan pendidik atau sekolah. Mulai menggunakan kemampuannya dari hasil belajar untuk mengemas market day agar terlaksana dengan baik. 

Dalam market day, siswa dilatih untuk menciptakan peluang, menanamkan kepercayaan, menjamin keadilan sosial dan merangsang ekonomi. Kegiatan ini juga menjadi semacam wadah untuk penerapan banyak teori pelajaran yang didapat siswa dari guru.

Kewirausahaan di dalam pendidikan bertujuan untuk membentuk manusia secara utuh (holistik), sebagai insan yang memiliki karakter, pemahaman dan keterampilan sebagai wirausaha. Hal ini dapat diimplementasikan secara terpadu dengan kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah. Salah satunya melalui market day. (*/ima)

Sumber: