Market Day SD Negeri Kaligangsa 3 Tegal, Upaya Implementasikan P5 Kurikulum Merdeka

Market Day SD Negeri Kaligangsa 3 Tegal, Upaya Implementasikan P5 Kurikulum Merdeka

Market day, implementasi kurikulum merdeka dan p5 di SD Negeri Kaligangsa 3--

RADAR TEGAL - Kegiatan market day diselenggarakan SD Negeri Kaligangsa 3 Tegal. Itu, sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka dan implementasi P5. 

Kepala SD Negeri Kaligangsa 3 Tegal Lisa Andriani mengatakan adanya Kurikulum Merdeka memiliki tujuan belajar untuk menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan guru. Kurikulum tersebut, sudah mulai diimplementasikan mulai 2022-2023. 

"Salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kurikulum merdeka adalah adanya kegiatan berbasis projek. Yaitu Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila atau yang kita kenal dengan sebutan (P5),"kata Kepala SD Negeri 3 Kaligangsa itu.

Menurutnya, berdasarkan Permendikbud Ristek 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek. Itu, dirancang menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

BACA JUGA:Ajib Ah! SD di Brebes Gelar Karya P5 sebagai Wujud Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

"Jadi P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati. Serta memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila,"ujarnya.

Lisa menjelaskan pelaporan sedikitnya dilakukan sekali dalam satu tahun ajaran yang dirancang terpisah dari intrakurikuler. Beberapa tema P5 antara lain Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI, dan Kewirausahaan. 

"Kegiatan P5 identik dengan diadakannya Market Day. Alhamdulillah di UPTD SPF SDN Kaligangsa 3 Kota Tegal sudah diadakan,"tandasnya.

Kegiatan itu, kata Lisa, untuk melatih kewirausahaan peserta didik. Ke depannya siswa diharapkan mempunyai karakter Profil Pelajar Pancasila, selain keterampilan dalam berwirausaha.

BACA JUGA:Kurikulum Merdeka Bentuk Transformasi yang Butuh Lompatan Besar

Dalam prakteknya, imbuh Lisa, Peserta didik dari kelas I –VI berkumpul di halaman sekolah menampilkan panen hasil belajarnya. Mereka sangat antusias berkolaborasi dengan guru dan wali murid untuk menyajikan serta menawarkan produk seperti jajanan tradisional dan lainnya.

Demikian informasi terkait market day di SD Negeri 3 Kaligangsa Tegal. Itu, merupakan implementasi P5 Kurikulum Merdeka. (*)

Sumber: